Uber Cup 2024 - New Kid on The Block Bocah 15 Tahun Berharap Bisa Tiru PV Sindhu, India Andalkan Pemain Muda

By Delia Mustikasari - Selasa, 16 April 2024 | 18:32 WIB
Pebulu tangkis putri India (dari kiri ke kanan), Shruti Mishra, Anmol Kharb, dan Tanvi Sharma, pada final Kejuaraan Beregu Asia 2024 di Shah Alam, Malaysia, 18 Februari 2024, (MOHD RASFAN/AFP)

BOLASPORT.COM - Pemain termuda tim Uber Cup India, Tanvi Sharma, terinspirasi dengan keramahan Pusarla Venkata Sindhu.

Sharma akan menjadi andalan India pada nomor tunggal bersama Anmol Kharab (17 tahun) yang tampil mengesankan pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 hingga India bisa menjadi juara serta Ashmita Caliha dan Isharani Baruah

Sharma tidak seperti rata-rata anak berusia 15 tahun. Meski masih belia, dia memiliki semangat besar saat Sindhu memilih absen pada Thomas-Uber Cup 2024, 27 April-5 Mei di Chengdu, China.

Sindhu yang telah mengikuti enam turnamen sejak dirinya kembali beraksi pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 membuat keputusan mundur dari Uber Cup 2024 untuk memprioritaskan kesembuhannya dan kesiapan Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Pasangan ganda putri teratas, Treesa Jolly/Gayatri Gopichand dan Ashwini Ponnappa/Tanisha Crasto, juga memilih mundur dari Uber Cup karena keinginan untuk fokus pada turnamen lain yang bertujuan untuk mengamankan kualifikasi Olimpiade.

Sehubungan dengan penarikan ini, Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) telah memutuskan untuk memberi kesempatan pada pemain lain untuk memperkuat India pada Uber Cup 2024.

"Saya ingin menjadi seperti Sindhu. Dialah inspirasi saya. Saya menonton semua pertandingannya. Senang rasanya berada di dekatnya. Saat di Malaysia dia ramah sekali," kata Sharma dilansir dari Times of India.

Remaja asal Hoshiarpur di Punjab ini tidak perlu pergi jauh untuk berlatih bulu tangkis. Kakak perempuannya, Radhika menekuni bola voli.

Sharma tidak butuh waktu lama menunjukkan prestasi. Dia menjadi juara nasional U-15 dan U-17 sebelum finis sebagai runner-up pada kategori U-19 pada 2022.

Baca Juga: Update Ranking BWF - Jonatan Tembus 3 Besar Saat Anthony Ginting Turun 4 Tingkat, Ganda Putra China Kembali ke Puncak