Thomas Cup 2024 - Alwi Farhan Siapkan Mental jika Diturunkan sebagai Penentu

By Delia Mustikasari - Rabu, 17 April 2024 | 14:51 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, di pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (17/4/2024). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pebulu Tangkis tunggal putra, Alwi Farhan, terpilih masuk dalam skuad Thomas Cup Indonesia pada Thomas Cup 2024 yang akan digelar di Chengdu, China, 27 April - 5 Mei.

Sebagai debutan, Alwi akan menjadi tunggal keempat setelah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

"Pertama, mengucap puji syukur Alhamdulillah bisa masuk tim Thomas. Pastinya, bangga sekaligus tenang, excited, bisa menjadi bagian tim," kata Alwi kepada media, termasuk BolaSport.com di pelatnas Cipayung, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

"Tetapi, balik lagi saya fokus ke persiapan ke diri sendiri dari segi latihan dan mental karena ini turnamen beregu. Dan saya akan menjadi tunggal keempat pastinya lebih mempersiapkan mental, ucap Juara Dunia Junior 2023 itu.

"Menjadi tunggal penentu. Balik lagi, mungkin banyak pikiran kotor yang membuat kita berpikiran jelek. Selagi kita berpikir positif tampil sebagai partai penentu, ada motivasi tersendiri."

Hasil pada Kejuaraan Asia 2024 dengan gelar juara melalui Jonatan Christie membuat sektor tunggal putra menjadi salah satu andalan pada Thomas Cup 2024.

Alwi mengatakan bahwa dia mengambil pelajaran dari keberhasilan tunggal putra pada Kejuaraan Asia 2024. 

"Tunggal putra lagi naik setelah Kejuaraan Asia. Saya ikut senang dan bangga juga dengan pencapaian Koh Jojo, A' Ginting dan Kak Chico," ujar Alwi.

Baca Juga: Efek Jonatan Christie di Kejuaraan Asia 2024, Media Malaysia Anggap Indonesia Favorit Juara Thomas Cup 2024?

"Itu hasil kerja keras dari tim tunggal putra. Saya ikut senang dan merasakan motivasi. Setelah sudah ada contoh yang jelas dengan adanya gelar juara, saya jadi lebih termotivasi dari segi latihan.  Jadi untuk masuk-masukkan itu kami sering ngobrol juga dan sharing."