Uber Cup 2024 - Mengenal Uganda: Cuma Diperkuat 4 Pemain, Punya Juara Afrika, Bersyukur Hadapi Indonesia

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 17 April 2024 | 18:51 WIB
Potret trofi Uber Cup. Piala dipamerkan selama pertandingan tunggal putri Uber Cup 2020 di Aarhus, Denmark, 16 Oktober 2021. (CLAUS FISKER/AFP)

BOLASPORT.COM - Persaingan di Grup C pada babak penyisihan grup Uber Cup 2024 yang memuat Indonesia menyajikan pemandangan menarik dari tim debutan, Uganda.

Uganda akan tampil untuk pertama kalinya di Uber Cup pada edisi ke-30 dari kejuaraan dunia beregu putri tersebut.

Negara yang terkenal dengan burung jenjang mahkota abu-abu tersebut berhak untuk mewakili Afrika setelah mundurnya Afrika Selatan.

Tim putri Uganda merupakan runner-up Kejuaraan Beregu Afrika 2024 di mana mereka kalah 2-3 dari Afrika Selatan pada Februari lalu.

Sebagaimana saat tampil di Kejuaraan Beregu Afrika 2024, Uganda hanya berkekuatan empat pemain saja di Uber Cup 2024.

Mereka akan diperkuat Fadilah Shamika Mohamed Rafi, Husina Kobugabe, Gladys Mbabazi, dan Tracy Naluwooza yang akan tampil rangkap di sektor tunggal dan ganda.

Di sektor tunggal putri, Mohamed Rafi menjadi pemain dengan ranking tertinggi. Pekan ini pemain yang belum genap berusia 20 tahun itu menghuni peringkat 110 dunia.

Mengutip BWFBadminton.com, Mohamed Rafi merupakan tunggal putri Uganda pertama yang menjadi Juara Afrika setelah merebut emas di Kejuaraan Afrika 2023.

Baca Juga: Daftar Lengkap Tim Uber Cup 2024 - Seluruh Pemain beserta Peringkat, Sedikit Penyegaran bagi Indonesia untuk Melawan Dunia

Pada Kejuaraan Afrika 2024 dia mencapai babak final lagi tetapi mundur sebelum laga sehingga hanya mendapatkan medali perak.