Kento Momota Pensiun dari Panggung Internasional, Ketua PBSI-nya Jepang Sampaikan Pesan Mendalam

By Nestri Y - Minggu, 21 April 2024 | 15:40 WIB
Pebulu tangkis Jepang, Kento Momota, berjalan setelah mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional Jepang usai Thomas Cup 2024 mendatang, pada sesi konferensi pers yang digelar di Tokyo, Kamis (18/4/2024). (KAZUHIRO NOGI/AFP)

BOLASPORT.COM - Keputusan mantan tunggal putra nomor satu dunia, Kento Momota, untuk pensiun dari kompetisi internasional direspons cepat oleh Asosiasi Bulu Tangkis Jepang (Nippon Badminton Association/NBA).

Lama menghilang dan jarang terlihat mengikuti turnamen, Kento Momota membuat pengumuman besar dengan keputusan untuk mundur dari tim nasional Jepang.

Pengumuman itu dia utarakan pada konferensi pers khusus yang digelar oleh klub asal Momota, NTT East, pada Kamis (18/4/2024) lalu di Tokyo, Jepang.

Mundur dari pelatnasnya Jepang tak serta merta membuat karier bulu tangkis pemilik rekor 11 gelar dalam setahun di tunggal putra ini benar-benar berakhir.

Sebab, kemungkinan Momota akan bertanding di kompetisi domestik di Jepang.

Keputusan Juara Dunia dua kali untuk tidak lagi bermain di panggung turnamen internasional membuat sedih para penggemarnya.

Lebih-lebih, salah satu alasan pemain kidal 29 tahun itu mundur adalah karena performa yang sudah menurun semenjak mengalami kecelakaan di Malaysia pada Januari 2020 lalu.

Kecelakaan maut tersebut mengakibatkan retak pada orbital mata kanan Momota. Penglihatannya pun terganggu dan berimbas pada rutinitas latihannya.

Baca Juga: Thomas Cup 2024 - Skuad Kalang Kabut Tak Hentikan Rexy Mainaky Beri Malaysia Target Juara

Kehilangan sosok besar di markas pelatihan nasional mereka, NBA segera merespons keputusan Momota.