Olimpiade Paris 2024 - Penantian 20 Tahun Berakhir, Bernard Benyamin van Aert Jadi Andalan Indonesia pada Balap Sepeda Dicipline Track

By Nestri Y - Selasa, 23 April 2024 | 15:20 WIB
Atlet balap sepeda dicilpline track Indonesia, Bernard Benyamin van Aert, berhasil memastikan tiket Olimpiade Paris 2024. (NOC INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Indonesia akhirnya berhasil memiliki wakil di cabang olahraga balap sepeda dicipline track lagi pada ajang Olimpiade Paris 2024 lewat Bernard Benyamin van Aert.

Sudah 20 tahun lamanya, skuad Merah Putih menantikan momen ini di cabor balap sepeda.

Terakhir kali Indonesia punya wakil pada balap sepeda dicipline track di ajang Olimpiade adalah pada Olimpiade Athena 2004 di Yunani saat Santia Tri Kusuma mewakili di nomor point race putri.

Bernard Benyamin van Aert sendiri telah memastikan diri lolos pada Olimpiade Paris 2024 setelah Union Cycliste Internationale (UCI) mengumumkan daftar peserta yang lolos melalui kualifikasi negara pada disiplin track nomor Omnium Putra, Senin (22/4/2024).

Berdasarkan regulasi UCI, ada 22 negara yang bisa lolos ke Paris dari tiga nomor perlombaan di disiplin trak endurance.

"Alhamdulillah, setelah 20 tahun penantian panjang akhirnya Indonesia kembali meloloskan atlet balap sepeda disiplin track nomor omnium di Olimpiade," ungkap Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari dikutip BolaSport.com dari siaran pers NOC Indonesia.

"Semoga lolosnya Bernard ke Paris 2024 menjadi motivasi buat atlet dari cabor-cabor lain untuk mengikuti jejaknya," kata Okto.

Baca Juga: Thomas Cup 2024 - Satu Grup dengan Indonesia, India Diprediksi Kesulitan Pertahankan Gelar Imbas dari Inkonsistensi di Tunggal Putra

"Perjuangan belum berakhir, harus tetap semangat dan tunjukkan hasil terbaik demi menjaga Indonesia Raya tetap bisa berkumandang dan Merah Putih tetap berkibar di Paris 2024," tambahnya.

Di sisi lain, kelolosan Bernard van Aert sejatinya sudah ditargetkan sejak lama.