MotoGP Spanyol 2024 - Bukan Kesalahan Marc Marquez, Kondisi Sirkuit Jerez Tuai Kritik Usai Sebabkan Kecelakaan Berjamaah

By Delia Mustikasari - Minggu, 28 April 2024 | 06:47 WIB
Pembalap Gresini, Marc Marquez (depan) bersaing dengan Jorge Martin pada sprint race MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez, Sabtu (27/4/2024). (JORGE GUERRERO/AFP)

BOLASPORT.COM - Para pembalap MotoGP mengalami peristiwa yang berada di luar kendali mereka pada sprint race MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez, Sabtu (27/4/2024).

Kondisi lintasan balap yang lembap dan mengering sesaat kemudian kembali ke permukaan lintasan dikenal dengan istilah weeper menjadi penyebab beberapa kali kecelakaan pada sprint race MotoGP Spanyol.

Marc Marquez (Gresini) tersingkir dari posisi terdepan pada MotoGP Spanyol 2024, sementara Maverick Vinales (Aprilia) dan Francesco Bagnaia (Ducati), termasuk di antara sembilan pembalap yang gagal finis.

Ada 15 pembalap terbaik yang mengalami kecelakaan di sesi ini. Hal ini diakibatkan karena kondisi lembab di Sirkuit Jerez setelah hujan yang mengguyur wilayah Andalusia sebelumnya.

Jorge Martin (Pramac) memenangkan sprint race dan memperpanjang keunggulan di tabel klasemen, tetapi menjelang balapan utama MotoGP Spanyol 2024, kondisi trek dikritik.

"Tikungan di Sirkut Jerez, seperti tikungan 5, memiliki lubang di sana sejak 2013. Mereka telah memunculkannya kembali dua kali sejak saat itu," kata komentator TNT Sports, Michael Laverty dilansir dari Crash.

"Saya merasakannya pada Marc. Dia telah melakukan semuanya dengan benar. Kecelakaan ini sebenarnya bukan kesalahan pembalap," ujar Laverty.

"Anda tergantung di luar. Anda tidak dapat melihat bagian yang lembap. Mungkin di lap itu, di tikungan 8 ada bagian yang lembap."

"Bagian yang lembap sangat kecil. Anda tahu mereka ada di sana, jadi Anda memperlakukannya dengan hati-hati. Tetapi, Anda tidak bisa melihatnya di motor."

"Pembalap terbaik di dunia mengalami peristiwa yang berada di luar kendali mereka."