Loloskan Atalanta ke Final Liga Europa, Gian Piero Gasperini Lengkapi Hebatnya Pelatih Italia di Kompetisi Antarklub Eropa Musim Ini

By BolaSport - Jumat, 10 Mei 2024 | 10:00 WIB
Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini (TWITTER.COM/ATALANTABCNOR)

Daniel Sianturi, Pengamat Sepak Bola

BOLASPORT.COM - Atalanta meraih kemenangan 3-0 atas Marseille pada leg kedua babak semifinal Liga Europa yang dimainkan di Gewiss Stadium, Jumat (10/5/2024) dini hari WIB.

Kemenangan tersebut memastikan tim berjulukan La Dea mendapatkan satu tempat di babak final Liga Europa berkat keunggulan agregat 4-1 atas wakil Prancis.

Keberhasilan Atalanta menerobos babak final juga memunculkan suka cita bagi publik seantero Italia.

Musim ini ada dua klub wakil Italia yang akan bermain di laga final kompetisi antarklub Eropa.

Selain Atalanta di Liga Europa, negara pemilik empat gelar juara Piala Dunia ini juga menyertakan Fiorentina pada laga final Liga Konferensi Europa.

Jumlah wakil Italia di babak final kompetisi antarklub Eropa musim ini memang lebih sedikit jika dibandingkan musim lalu.

Saat itu ada tiga klub di mana Inter Milan lolos ke final Liga Champions sementara AS Roma dan Fiorentina masing-masing bermain pada final Liga Europa dan Liga Konferensi Europa.

Meski demikian, keberhasilan Atalanta lolos ke final Liga Europa musim ini menjaga peluang tiga pelatih asal Italia untuk meraih medali juara di kompetisi antarklub Eropa.

Gian Piero Gasperini yang menjadi nakhoda tim Atalanta menjadi pelengkap sosok Italia di pinggir lapangan bagi klub yang akan bermain di babak final.