Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Bedah Raja Gol Putaran Pertama Liga 1, Odemwingie Kalah Satu Hal dari Striker Bali United

By Muhammad Robbani - Jumat, 4 Agustus 2017 | 09:24 WIB
Aksi striker Madura United, Peter Odemwingie, saat mendribel bola dalam laga pekan ke-6 Liga 1 melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur (14/05/2017) Minggu malam.
SUCI RAHAYU/JUARA.NET
Aksi striker Madura United, Peter Odemwingie, saat mendribel bola dalam laga pekan ke-6 Liga 1 melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur (14/05/2017) Minggu malam.

Liga 1 putaran pertama resmi berakhir setelah laga terakhir yang mempertemukan Sriwijaya FC melawan Perseru Serui, Rabu (2/8/2017).

Madura United catatkan diri sebagai pemuncak klasemen paruh musim dengan torehan 32 poin yang mereka kumpulkan.

Sebetulnya, poin itu sama dengan yang diraih Bali United.

Namun Madura unggul dalam hal head-to-head karena menang 2-0 saat menghadapi Serdadu Tridatu pada putaran pertama.

Dua penyerang dari Madura dan Bali yakni Peter Odemwingie dan Sylvano Comvalius juga jadi yang terbanyak mencetak gol di putaran pertama dengan gelontoran 13 gol yang mereka ciptakan.

Akan tetapi, Comvalius punya keunggulan dalam jumlah klub yang pernah dijebolnya. 


Berikut BolaSport rangkum data-data menarik dari gol yang dicetak kedua pemain sepanjang putaran pertama:

Peter Odemwingie:

Kaki kanan jadi senjata andalan mematikan mantan pemain Stoke City itu untuk membobol gawang lawan selama putaran pertama Liga 1. 10 dari 13 gol yang dicetak Odemwingie, dilakukan menggunakan kaki kanannya.

Hanya dua gol yang berhasil disarangkan pemain berusia 36 tahun itu dengan kaki kirinya. Mencetak gol menggunakan kepala atau heading lebih sedikit lagi yakni hanya sekali.

Korban ketajaman Odemwingie:

1. Bali United

Odemwingie mencetak gol kedua timnya di laga kandang dalam yang berakhir dengan kemenangan Madura atas Bali 2-0. Gol itu dicetaknya menggunakan kaki kanan melalui tendangan penalti pada menit 74, Minggu (16/4/2017).

Tempat: Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan.

2. Mitra Kukar

Laga baru berjalan dua menit, Odemwingie langsung mencetak gol spektakuler, Jumat (28/4/2017). Berawal dari umpan terobosan Bayu Gatra, Odemwingie sukses mengejar bola dan melepas tendangan keras menggunakan kaki kanannya ke gawang Mitra Kukar yang dijaga Geri Mandagi.

Tempat: Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan.

3. Persija Jakarta

Madura menang tipis 1-0 di laga ini sekaligus mempermalukan tuan rumah Persija di depan pendukungnya sendiri, Kamis (4/5/2017). Gol jarak jauh Odemwingie di laga ini sebenarnya tak terlalu keras, namun bola sempat memantul sehingga menyulitkan kiper Andritany Ardhiyasa untuk mengamankan gawangnya pada menit 69.

Tempat: Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi.

4. Perseru Serui

Setelah tiga gol awal dicetak Odemwingie menggunakan kaki kanan, akhirnya tercipta gol sundulan darinya ke gawang tim tamu, Perseru, Senin (8/5/2017). Gol itu dicetaknya pada menit 22 ke gawang yang dijaga Hendra Mole setelah memanfaatkan situasi set piece lewat tendangan bebas yang dilepaskan Slamet Nurcahyono.

Tempat: Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan.

5. PS TNI

Satu gol menggunakan kaki kanan kembali disumbang Odemwingie dalam kemenangan telak 4-1 Madura atas PS TNI, Jumat (19/5/2017).

Gol itu berawal dari aksi individual rekan duetnya sesama pemain asal Nigeria, Greg Nwokolo pada menit 42. Greg sukses mengejar bola di sisi kanan pertahanan PS TNI lalu meliuk-liuk melewati hadangan pemain bertahan lawan.

Kemudian Greg melepas cutback yang disambar oleh Odemwingie untuk mencetak gol kelimanya bersama Laskar Sapeh Kerrab.

Tempat: Stadion Gelora Bangkalan

6. Persipura Jayapura

Kaki kanan Odemwingie kembali memakan korban, Persipura yang mendapat gilirannya lewat sepakan dari 12 pas. Kiper Persipura Yoo Jae-hoon tak berdaya gawangnya bobol untuk kedua kalinya di laga itu yang dimenangi Madura dengan skor akhir 2-0, Rabu (7/6/2017).

Tempat: Stadion Gelora Bangkalan

7. Semen Padang

Di laga ini pemain kelahiran Tashkent, Uzbekistan itu, mencetak hatrik pertamanya di Liga 1 ke gawang Semen Padang yang dijaga Rendy Oscario pada menit 18, 43, dan 63. Bayu Gatra dkk menang meyakinkan di laga ini dengan skor telak 6-0, Senin (12/6/2017).

Tempat: Stadion Gelora Bangkalan

8. Persib Bandung

Dua gol kombinasi kaki kanan dan kiri berhasil dilepaskan eks pemain West Bromwich Albion ke gawang Persib yang dijaga I Made Wirawan, Minggu (9/7/2017). Gol pertama dicetak melalui titik putih lalu gol keduanya menggunakan kaki kiri setelah menerima bola dari Greg.

Tempat: Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan.

9. Bhayangkara FC

Laga melawan Bhayangkara adalah kali pertama buat Odemwingie merasakan kekalahan bersama Madura kala dirinya mencetak gol. Odemwingie sempat membuka keunggulan di menit tambahan babak pertama setelah meneruskan bola sepakan Greg ke gawang Awan Setho Rahardjo.

Namun berhasil dibalas dua gol oleh Bhayangkara melalui Alsan Sanda dan Ilham Udin Armaiyn pada babak kedua. Alhasil Bhayangkara berhasil mengatasi perlawanan Madura dengan skor akhir 2-1, Kamis (13/7/2017).

Tempat: Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi.

10. Persiba Balikpapan

Gol tunggal yang dicetak Odemwingie membawa Madura meraih tiga poin atas Persiba, Senin (17/7/2017). Menerima bola dari Bayu Gatra di menit 37, Odemwingie sukses menaklukkan kiper Persiba, Yoewanto Stya Beni.

Catatan gol Odemwingie:

Odemwingie mencetak gol dari situasi open play sebanyak sembilan kali, tiga tendangan penalti, dan satu kali set piece.

Pemain asal Nigeria paling sering mencetak gol di babak pertama sebanyak delapan kali yakni pada menit 2, 22, 42, 18, 43, 21, 45+1, dan 37. Lima gol lainnya dicetak di babak kedua yakni pada menit 73, 69, 63, 66, dan 65.

Sylvano Comvalius

Berbeda dari Odemwingie, Comvalius lebih variatif soal memanfaatkan bagian tubuhnya untuk mencetak gol.

Kaki kanannya memang menjadi penyumbang terbanyak dengan total enam gol, namun kaki kiri juga sukses dimanfaatkan Comvalius dengan mencetak empat gol. Gol sundulan juga berhasil dicetak pemain asal Belanda sebanyak tiga kali.

Korban ketajaman Comvalius:

1. Persipura Jayapura

Kaki kiri jadi bagian tubuh pertama Comvalius untuk mencetak gol di Liga 1 kala menjebol gawang Persipura, Minggu (23/4/2017). Gol itu tak bisa menghindari kekalahan karena Perspura unggul 2-1 sampai laga berakhir.

Tempat: Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

2. Semen Padang

Gol kedua Comvalius di Liga 1 dicetak ke gawang Semen Padang menggunakan kaki kanannya pada menit 68 setelah menerima bola dari Irfan Bachdim. Gol itu menggenapi kemenangan Bali dengan skor 2-0 yang bertahan sampai laga berakhir, Kamis (4/5/2017).

Tempat: Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

3. Mitra Kukar

Comvalius sukses mencetak gol ketiganya dengan tiga bagian tubuh berbeda ke gawang tuan rumah Mitra Kukar, Rabu (10/5/2017). Menerima umpan silang manis dari Bachdim, Comvalius tak kesulitan membobol gawang yang dijaga Wawan Hendrawan.

Tempat: Stadion Aji Imbut, Tenggarong.

4. Perseru Serui

Dua gol berhasil dipersembahkan Comvalius ke gawang Perseru yang dijaga Sukasto Efendi, Minggu (4/6/2017). Dua gol itu dicetaknya menggunakan kaki kanan pada menit enam dan 12 setelah menerima bola dari Fadhil Sausu dan Marcos Flores.

Tempat: Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

5. Bhayangkara FC

Pemain berusia 29 tahun kembali mencetak gol sundulan saat timnya menjamu Bhayangkara, Jumat (9/6/2017). Namun gol yang dicetak di menit akhir itu hanya menjadi penghibur karena Bhayangkara sudah mencetak tiga gol sebelumnya.

6. Persiba Balikpapan

Eks pemain Dynamo Dresden menambah satu gol lagi saat timnya menjamu Persiba, Rabu (5/7/2017). Setelah bekerja sama dengan Flores, Comvalius berlari ke kotak penalti, lalu mengontrol bola dan melepas tendangan lemah menggunakan kaki kiri yang membobol gawang Yuwiwanto Beni.

Tempat: Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

7. PS TNI

Satu gol kembali disumbang pemain kelahiran 1987 itu saat Bali dijamu PS TNI, Senin (10/7/2017). Menerima sodoran dari Flores di menit 23, Comvalius melepaskan tendangan placing menggunakan kaki kanannya.

Tempat: Stadion Pakansari, Bogor.

8. Barito Putera

Akhirnya Comvalius mencetak dua gol lagi saat timnya pesta gol ke gawang Barito, Jumat (14/7/2017).

Gol pertamanya di laga ini dicetak melalui sundulan 55 setelah menerima umpan silang dari Flores.

Lalu yang kedua di menit 78 dengan memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Fadhil Sausu yang membentur tiang.

9. Sriwijaya FC

Flores kembali membuktikan dirinya seorang pelayan Comvalius saat Bali dijamu Sriwijaya, Rabu (19/7/2017). Umpan Flores berbuah gol Ke-11 Comvalius di Liga 1 pada saat laga jamuan Sriwijaya baru berjalan tiga menit melalui sebuah sundulan.

Stadion: Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

10. PSM Makassar

Satu gol lagi menggunakan kaki kiri dicetak Comvalius ke gawang PSM, Minggu (23/7/2017).

Tempat: Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

11. Gresik United

Laga terakhir putaran pertama berhasil dimanfaatkan Comvalius untuk menyamai torehan gol Odemwingie dengan mencetak satu gol tambahan ke gawang Persegres, Senin (31/7/2017).

Golnya jelang laga berakhir dengan kaki kirinya membuat namanya sejajar dengan Odemwingie di daftar top scorer sementara Liga 1 dengan torehan 13 gol.

Catatan gol Comvalius:

Hampir semua golnya tercipta dari situasi open play yakni 12 kali berbanding hanya satu dari situasi set piece.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BolaSport.com, Labbola

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Klasemen

Klub
D
P
1
Man City
38
91
2
Arsenal
38
89
3
Liverpool
38
82
4
Aston Villa
38
68
5
Tottenham
38
66
6
Chelsea
38
63
7
Newcastle
38
60
8
Man United
38
60
9
West Ham
38
52
10
Crystal Palace
38
49
Klub
D
P
1
Borneo
32
70
2
Persib
32
59
3
Bali United
33
58
4
Madura United
32
53
5
PSIS Semarang
32
50
6
Dewa United
32
50
7
Persik
33
48
8
Persis
32
47
9
Barito Putera
32
43
10
Persija Jakarta
32
42
Klub
D
P
1
Real Madrid
37
94
2
Barcelona
37
82
3
Girona
37
78
4
Atlético Madrid
37
73
5
Athletic Club
37
65
6
Real Sociedad
37
60
7
Real Betis
37
56
8
Villarreal
37
52
9
Valencia
37
48
10
Alavés
37
45
Klub
D
P
1
Inter
37
93
2
Milan
37
74
3
Bologna
37
68
4
Juventus
37
68
5
Atalanta
36
66
6
Roma
37
63
7
Lazio
37
60
8
Fiorentina
36
54
9
Torino
37
53
10
Napoli
37
52
Pos
Pembalap
Poin
1
F. Bagnaia
467
2
J. Martin
428
3
M. Bezzecchi
329
4
B. Binder
293
5
J. Zarco
225
6
A. Espargaro
206
7
M. Viñales
204
8
L. Marini
201
9
A. Marquez
177
10
F. Quartararo
172
Close Ads X