Sejarah Hari Ini - Inventor Teknik Dribel Elastico, Sergio Echigo

By Dimas Wahyu Indrajaya - Minggu, 28 Juli 2019 | 06:00 WIB
Legenda sepak bola Jepang, Sergio Echigo.
SERGIO-ECHIGO.COM
Legenda sepak bola Jepang, Sergio Echigo.

BOLASPORT.COM - Populer dipamerkan superstar sepak bola masa kini, tetapi mungkin tidak banyak yang tahu kalau teknik dribel elastico diciptakan oleh orang Jepang, siapakah dia?

Dribel elastico - atau sebutan lainnya flip flap - merupakan gerakan dribel untuk mengecoh lawan yang tengah menghadang.

Mula-mula pendribel mesti sedikit mendorong bola dengan kaki luar ke arah area kaki dominan lalu disambung dengan gerakan dorongan bola yang cepat ke arah sebaliknya.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini - Bantai Jepang, Korsel Tatap Debut di Piala Dunia

Elastico memiliki nama beraroma Amerika latin, benar begitu bukan? Tetapi pencipta dari skill tersebut aslinya merupakan orang berdarah Asia tepatnya Jepang yang bernama Sergio Echigo.

Lahir pada 28 Juli 1945 di Sao Paulo, Brasil, Sergio Echigo adalah seorang nisei (generasi kedua imigran Jepang yang tinggal di Eropa dan Amerika pasca Perang Dunia) yang berkarier sebagai pesepak bola sebagai gelandang tengah.

Echigo mulai masuk tim muda di klub Brasil, Corinthians, pada tahun 1963.

Di klub yang berdiri pada tahun 1910 itu Echigo muda mengasah kemampuannya lewat melihat permainan maestro Negeri Samba seperti Pele dan Garrincha.

Echigo sadar melihat keduanya, di mana Garrincha suka membawa bola ke dalam pertahanan lawan dan langsung menusuk dengan cepat keluar dari penjagaan, sementara Pele sebaliknya, dengan berlari ke pinggir lapangan sebelum melakukan cutting inside.



Editor : Dimas Wahyu Indrajaya
Sumber : aljazeera.com,twitter.com,nippon.com,planetfootball.com,sergio-echigo.com

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X