SEJARAH HARI INI - Debut Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP, Rossi Masih Culun, dan Tiket Cuma 25 Ribu

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 7 April 2020 | 14:21 WIB
Aksi pembalap tim Repsol Honda, Mick Doohan (#1), saat dalam balapan GP Indonesia 500cc di Sirkuit Sentul, Bogor, Indonesia, 7 April 1996.
TWITTER.COM/JESSANSAN
Aksi pembalap tim Repsol Honda, Mick Doohan (#1), saat dalam balapan GP Indonesia 500cc di Sirkuit Sentul, Bogor, Indonesia, 7 April 1996.

BOLASPORT.COM - Minggu tanggal 7 April 1996, masyarakat Indonesia menjadi saksi berlangsungnya balapan MotoGP untuk pertama kali di Bumi Pertiwi.

MotoGP menjadi salah satu olahraga yang paling digandrungi di Indonesia. Fanatisme penggemar MotoGP di Indonesia sudah diakui.

Potensi pasar yang besar di Indonesia membuat pabrikan rela mengirimkan pembalapnya untuk berkunjung, contohnya Marc Marquez dan Valentino Rossi pada Februari silam.

"Semangat yang mereka [Indonesia] miliki untuk MotoGP luar biasa," kata eks manajer tim Repsol Honda, Livio Suppo, setelah kunjungannya pada 2014, dilansir dari Crash.

"Mereka memperlakukan para pembalap seperti seorang rock star. Menyedihkan karena kami tidak membalap di sana," ucap Suppo menambahkan.

Ambisi Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP akan segera terwujud. Sebuah seri balap di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, telah dijadwalkan tahun depan.

Indonesia sebenarnya bukan negara yang asing bagi MotoGP. Pada 1996 dan 1997, para pembalap terbaik di dunia berkumpul untuk berlomba dalam ajang motor grand prix.

GP Indonesia kala itu diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pada musim 1996, GP Indonesia menjadi seri kedua dalam kalender kejuaraan.

Baca Juga: Tyson Fury Tuding Tujuan Deontay Wilder Ajukan Duel Ulang karena Uang



Editor : Ardhianto Wahyu Indraputra
Sumber : Tabloid BOLA

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X