Bakal Siap pada Pertengahan Tahun 2021, Sirkuit Mandalika Cuma Jadi Trek Pengganti Nomor 3

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 21 November 2020 | 05:00 WIB
Rencana pembuatan sirkuit di Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang akan digunakan untuk MotoGP dan World Superbike.
DOK. WORLD SUPERBIKE
Rencana pembuatan sirkuit di Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang akan digunakan untuk MotoGP dan World Superbike.

BOLASPORT.COM - Status Sirkuit Internasional Mandalika yang saat ini masih berada dalam proses pembangunan dilaporkan menjadi trek pengganti nomor 3 untuk MotoGP 2021.

Selain Sirkuit Internasional Mandalika, dua lintasan balap lain di Eropa yakni Sirkuit Internasional Algarve (Portugal) dan Sirkuit Igora (Rusia) juga masuk dalam daftar trek pengganti untuk musim depan.

Semula, pihak Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Sirkuit Internasional Mandalika berharap trek milik mereka bisa masuk ke dalam daftar venue balap MotoGP 2021.

Namun, hal tersebut sepertinya belum bisa dipastikan setelah kubu Dorna selaku operator MotoGP menempatkan lintasan balap di Tanah Air itu dalam daftar trek pengganti.

Sejauh ini, Dorna memang sudah mengantongi 20 balapan MotoGP pada musim depan, tetapi mereka tidak yakin bisa menggelar semua balapan tersebut.

Baca Juga: Hasil FP2 MotoGP Portugal 2020 - Johann Zarco Tercepat, Valentino Rossi Alami Crash

"Hari ini, kami punya 20 seri balap di dalam kalender dan itu tidak mungkin (untuk menggelar semuanya)," ucap CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, dikutip dari Crash.

"Namun, jika ada hal yang membuat semuanya memungkinkan, kami akan mencoba untuk menempatkan Sirkuit Igora sebagai trek pengganti kedua, setelah Portimao (Sirkuit Internasional Algarve)," kata dia menjelaskan.

Mengacu pada pernyataan Carmelo Ezpeleta ini, Sirkuit Internasional Mandalika berarti ada di daftar tunggu urutan ketiga.

Meski begitu, dengan adanya kemungkinan perubahan kalender kompetisi pada musim depan, kans Mandalika untuk menjadi tuan rumah seri balap MotoGP 2021 masih tetap terbuka, dengan catatan treknya sudah siap.



YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

VIDEO TERPOPULER

Close Ads X