Ini Dia 18 Pemain Terpilih Penghuni Skuat Terbaik Liga Champions 2017-2018, Semua Pencetak Gol di Final Diabaikan

By Verdi Hendrawan - Senin, 28 Mei 2018 | 03:02 WIB
Para pemain Real Madrid mengangkat trofi seusai mengalahkan Liverpool dalam final Liga Champions di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kyiev, Sabtu (26/5/2018). (PAUL ELLIS / AFP)

Liga Champions 2017-2018 telah berakhir dan Real Madrid kembali mampu menjadi yang terbaik. Hal ini membuat delapan pemain Los Merengues terpilih menjadi anggota skuat terbaik kompetisi terakbar antarklub sepak bola Eropa itu.

Sepanjang turnamen, UEFA sebagai penyelenggara telah menyiapkan 6 pengamat teknis untuk menilai siapa para pemain yang layak masih ke dalam skuat terbaik Liga Champions 2017-2018.

Keenam pengamat tersebut terdiri dari para pelatih dan mantan pemain, yaitu Jerzy Engel (Polandia), Thomas Schaaf (Jerman), Mixu Paatelainen (Finlandia), Peter Rudbaek (Denmark), Cristian Chivu (Rumania), dan David Moyes (Skotlandia).

Dari hasil pengamatan sepanjang musim, keenam pengamat teknis tersebut memilih 18 pemain yang dipandang layak untuk menjadi bagian dari skuat terbaik Liga Champions musim ini.

Ke-18 pemain tersebut terdiri dari 2 kiper, 6 bek, 5 gelandang, dan 5 penyerang.

(Baca Juga: Ulas Taktik Final Liga Champions 2018 - Zinedine Zidane Hafalan, Juergen Klopp Tanpa Reaksi)

Dari 18 pemain tersebut, Real Madrid yang tampil sebagai juara diwakili oleh 8 pemain yang tersebar di semua lini.

Uniknya, Gareth Bale yang menjadi penentu kemenangan Real Madrid atas Liverpool di partai final, justru tidak terpilih.

Hal ini disebabkan oleh minimnya kesempatan bermain yang didapat Gareth Bale dari pelatih Zinedine Zidane dengan total 296 menit tampil dari tujuh laga yang dilakoni di Liga Champions 2017-2018 dengan torehan hanya tiga gol.


Penyerang Real Madrid, Gareth Bale (kiri), merayakan gol yang dicetak ke gawang Liverpool FC dalam laga final Liga Champions di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina pada 26 Mei 2018.(FRANCK FIFE/AFP)