Sejarah Perseteruan Jose Mourinho dengan Cristiano Ronaldo, bak Air Susu Dibalas Air Tuba

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 24 Oktober 2018 | 00:11 WIB
Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho saat amsih bersama-sama di Real Madrid ( DANI POZO / AFP )

Tanggal 5 Maret 2013, Jose Mourinho dan Cristiano Ronaldo datang ke Old Trafford dalam perahu yang sama. Lima tahun kemudian mereka bertemu di tempat serupa sebagai seteru.

Gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-69 saat itu memastikan keberhasilan Real Madrid menyingkirkan Manchester United pada babak 16 besar Liga Champions dengan agregrat 3-2 (1-1, 2-1).

Tepat 2.058 hari setelahnya, Cristiano Ronaldo akan kembali ke Old Trafford. Hanya saja kali ini dia datang sebagai pemain Juventus.

Cristiano Ronaldo bersama Juventus akan menghadapi Manchester United, yang kini diasuh Jose Mourinho, di ajang Liga Champions pada 23 Oktober 2018.

Laga kali ini pun sekaligus menjadi reuni bagi dua figur sepak bola populer asal Portugal yang tidak pernah benar-benar akur.

Ya, meski sama-sama berasal dari Portugal dan berada di bawah naungan agen yang sama, relasi Jose Mourinho dan Cristiano Ronaldo tidak pernah mulus.

Komunikasi keduanya bahkan tidak berjalan baik andai tidak dimediasi oleh Jorge Mendes yang menjadi sosok di balik karier sepak bola keduanya.

"Relasi mereka rumit, mereka jarang berbicara dalam tiga tahun bekerja sama di Madrid," kata seorang narasumber yang dilansir BolaSport.com dari Goal.

"Mendes lah yang berusaha menyatukannya," sambungnya.