Piala Dunia 2018 Tanpa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Apa Jadinya?

By Bagas Reza Murti - Senin, 9 Oktober 2017 | 21:01 WIB
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berjabat tangan dalam laga persahabatan antara Timnas Portugal menghadapi Argentina di Stadion Old Trafford, Manchester, pada November 2014. (PAUL ELLIS/AFP)

Piala Dunia 2018 adalah ajang bagi seluruh pemain sepak bola terbaik dunia menunjukkan kemampuannya dalam membela negara.

Lalu bagaimana jadinya jika dua pemain terbaik dunia saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tidak ada dalam gelaran paling akbar dalam dunia sepak bola tersebut.

Dampaknya tentu akan sangat besar, pihak sponsor dan penggemar jadi yang paling kecewa.

Belum lagi penduduk di negara asal keduanya, Portugal dan Argentina yang sangat terkenal dengan tradisi sepak bola mereka yang kental.

Argentina adalah juara dunia dua kali, di mana di edisi terakhir Piala Dunia yaitu pada 2014, mereka juga menjadi finalis sebelum dikalahkan Jerman.

Sementara Portugal adalah juara Eropa 2016 dengan Cristiano Ronaldo yang menjadi kapten tim.

Argentina dan Portugal saat ini sama-sama belum bisa memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018.

Cristiano Ronaldo akan memimpin rekan-rekannya pada Rabu (11/10/2017) dini hari WIB. untuk menghadapi Swiss di partai terakhir grup B.

Kemenangan akan membuat Portugal menjadi juara Grup B zona Eropa dan akan lolos langsung ke putaran final di Rusia.

Hasil imbang dan kekalahan akan menempatkan Portugal di peringkat dua dan harus menjalani laga play-off dengan 7 tim pengisi peringkat dua terbaik dari grup lain.