5 Hal Ini Akan Terjadi Jika Italia Gagal ke Piala Dunia 2018

By Dwi Widijatmiko - Senin, 13 November 2017 | 20:05 WIB
Kiper Italia, Gianluigi Buffon, memberikan instruksi kepada rekan-rekannya dalam laga play off Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa kontra Swedia di Solna, Swedia, pada 10 November 2017. (JONATHAN NACKSTRAND/AFP)

mati yang menentukan bisa tidaknya mereka tampil di Piala Dunia 2018.

Italia bakal menjamu Swedia di Stadion Giuseppe Meazza, Milan. Kalah 0-1 di kandang Swedia pada pertemuan pertama (10/11/2017), Gli Azzurri harus menang minimal dengan skor 2-0 agar bisa merebut tiket ke Rusia tahun depan.

Tidak sedikit pencinta sepak bola yang mengkhawatirkan Italia bakal gagal. Apabila La Nazionale A sampai tak berhasil lolos, sejumlah kejadian bakal mengikuti kegagalan itu.

Berikut lima kemungkinan imbas apabila Italia gagal menjadi kontestan Piala Dunia 2018.

1. Gian Piero Ventura Dipecat


Reaksi pelatih Italia, Gian Piero Ventura, dalam laga play off Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa kontra Swedia di Solna, Swedia, pada 10 November 2017.(JONATHAN NACKSTRAND/AFP)

Konsekuensi yang paling jelas, sang pelatih akan dipecat. Pada Agustus lalu, kontrak Gian Piero Ventura sebetulnya baru diperpanjang sampai 2020.

Tapi, penampilan Italia di tangan eks pelatih Torino ini tak pernah meyakinkan. Selain gagal mengalahkan Spanyol di fase grup kualifikasi Piala Dunai, Gli Azzurri juga kepayahan menghadapi lawan-lawan yang seharusnya bisa ditaklukkan dengan mudah, seperti Israel, Masedonia, atau Albania.

Kebingungan soal formasi andalan juga menjadi nilai minus Gian Piero Ventura. Dia terus berganti-ganti dari 3-5-2, 4-2-4, sampai 3-4-3.

(Baca juga: FIFA 'Pilih' Bali United Juara Liga 1, Netizen: PSSI Enggak Ikut FIFA)