Malas dalam 2 Hal, Timnas Prancis Malah Menangi Piala Dunia 2018

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Selasa, 16 Oktober 2018 | 23:19 WIB
Ousmane Dembele (tengah) saat merayakan kesuksesan timnas Prancis juara Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia pada final di Stadion Luzhniki, Moskow, 15 Juli 2018. ( JEWEL SAMAD/AFP )

 Meskipun sukses menggondol juara Piala Dunia 2018,  timnas Prancis tergolong sebagai skuat yang malas dalam aspek jarak tempuh dan penguasaan bola. 

Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA, telah mengumumkan Technical Study Group (TSG) untuk Piala Dunia 2018.

TSG merupakan hasil analisis secara komprehensif yang melaporkan temuan kuantitatif dari penampilan seluruh tim dan pemain dalam seluruh pertandingan pada satu turnamen.

Hasil temuan tersebut tersaji dalam data statistik sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, timnas Serbia dilaporkan sebagai kesebelasan yang paling rajin berlari. Sergej Milinkovic-Savic dkk memiliki rerata jarak tempuh setiap laga mencapai 113 km.

(Baca Juga: Akhirnya Ada yang Jagokan Raphael Varane Menangi Ballon d'Or 2018)

Namun, jarak lari tersebut tak mampu membawa mereka lolos ke babak 16 besar.

Sebaliknya, Prancis yang menjadi kampiun, berada di peringkat 28 dari 32 tim kontestan. Skuat asuhan Didier Deschamp hanya memiliki rataan jarak tempuh 101 km tiap pertandingan.

Sementara dalam aspek penguasaan bola, timnas Spanyol -yang memiliki rataan tertinggi dengan nilai 69 persen- terhenti pada babak 16 besar setelah takluk dari tuan rumah Rusia.