Indonesia Tak Boleh Hanya Memandang Thailand di Grup B Piala AFF 2018

By Metta Rahma Melati - Rabu, 2 Mei 2018 | 16:44 WIB
Para pemain timnas Indonesia merayakan gol Ilham Udin ke gawang timnas Islandia pada laga uji coba internasional di Stadion Utama GBK, Jakarta Selatan, Minggu (14/1/2018) malam. ( FERI SETIAWAN/BOLASPORT.COM )

Indonesia masuk dalam Grup B Piala AFF 2018 bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan Brunei Darussalam/Timor Leste.

Hasil undian yang berlangsung di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, pada Rabu (2/5/2018) tersebut seolah menempatkan Indonesia pada grup yang relatif lebih ringan. 

Berkaca pada edisi 2016, dari 4 calon lawan Indonesia, hanya Thailand yang bisa lolos dari fase grup dan akhirnya menjadi juara. 

Namun, tidak demikian pandangan eks gelandang Timnas Singapura, Isa Halim. 

(Baca Juga: Terlahir Indonesia, Keponakan Legenda Inter Milan Ini Bersinar di Bali United)

Pemain 31 tahun asal klub Geylang Internasional ini menyebut Filipina sebagai kekuatan yang harus dianggap serius selain Thailand dan Singapura.

Disebutnya nama Filipina oleh Isa Halim tak lain karena keberhasilan negara tersebut ke putaran final Piala Asia 2019.

"Bagi Filipina dan juara bertahan Thailand, turnamen ini akan menjadi pemanasan besar untuk kompetisi Piala Asia di Januari 2019," ujar peraih gelar Piala AFF 2007 dan 2012 bersama timnas Singapura itu sebagaimana dikutip BolaSport.com dari Fox Sports Asia.

"Thailand adalah negara sepak bola terkuat di Asia Tenggara saat ini, sementara Filipina semakin dekat dan lebih dekat ke puncak," ujarnya.