Mantan Sekjen AFC Sebut PSSI Harus Didenda dan Diberi Sanksi Tegas

By Adif Setiyoko - Jumat, 20 Juli 2018 | 16:46 WIB
Spanduk Welcome To Hell yang dipasang di tribune selatan Gelora Delta Sidoarjo dalam laga timnas U-19 Indonesia kontra Malaysia, Kamis (12/7/2018). ( ADITYA FAHMI NURWAHID/BOLASPORT.COM )

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sudah sepatutnya melayangkan peringatan tegas kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), terkait dengan aksi tak terpuji sejumlah oknum pendukung pada ajang Piala AFF U-19 2018 beberapa waktu lalu. Hal ini dikatakan oleh mantan Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Peter Velappan.

Hal ini terkait dengan tindakan tak terpuji oknum pendukung timnas U-19 Indonesia yang melakukan aksi pelemparan kepada para pemain Malaysia selepas laga semifinal Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoharjo, Kamis (12/7/2018).

Aksi pelemparan ini terjadi setelah timnas U-19 Indonesia tumbang dari timnas U-19 Malaysia lewat drama adu penalti. Kedua tim harus menjalani adu penalti karena bermain imbang dengan skor 1-1 selama 90 menit.

(Baca Juga: Pemanggilan Egy Maulana Vikri untuk Piala Asia U-19 Melanggar Statuta FIFA

Namun, sejumlah oknum suporter menumpakahkan kekecawaan atas kegagalan Indonesia dengan tindakan tak terpuji.

Suporter melakukan aksi pelemparan terhadap ofisial, tim pelatih, dan pemain timnas U-19 Malaysia. Aksi tak terpuji ini terjadi di tribune barat stadion atau zona VIP.

 (Baca Juga: Indra Sjafri Pastikan Satu Pemain Andalan Timnas U-19 Indonesia Absen di Piala Asia U-19)


Menurut Datuk Peter Velappan, Indonesia sudah sepatutnya mendapat peringatan tegas karena hal itu. Pasalnya, sejumlah ajang bakal digelar di Tanah Air, termasuk Piala Asia U-19 2018 dan Piala AFF 2018.

(Baca Juga: Perbedaan Mencolok Febri Hariyadi Era Mario Gomez dan Djadjang Nurdjaman, Taktis tapi Nihil Gol)