Suporter Timnas Indonesia Tak Sesuai Ekspektasi, Media Asing Soroti Aksi Kosongkan SUGBK di Piala AFF 2018

By Rara Ayu Sekar Langit - Rabu, 28 November 2018 | 14:13 WIB
Suporter Indonesia memberikan dukungan dari tribune Stadion Bukit Jalil saat laga Timnas U-16 Indonesia vs Australia dalam perempat final Piala Asia U-16 2018, 1 Oktober 2018. ( ADAM AIDIL/AFC )

Suporter timnas Indonesia diharapkan menjadi yang terbesar dan meriah di gelaran Piala AFF 2018 oleh media asing Fox Sport Asia.

Namun ternyata Indonesia hanya menempati peringkat tujuh di daftar kehadiran suporter di kandang pada babak penyisihan grup Piala AFF 2018.

Berada di peringkat tujuh, tercatat suporter Indonesia yang datang mendukung ke SUGBK sejumlah 30.574.

(Baca juga: Edy Rahmayadi: Kalian Lebih Percaya Gubernur atau Menpora?)

Melihat hasil ini, Fox Sport Asian menyoroti aksi boikot dari SUGBK saat timnas Indonesia menjalani laga tandang di Piala AFF.

"Sebelum laga kandang pertama yaitu Indonesia melawan Timor Leste, terdapat suporter yang menyerukan untuk mengosongkan SUGBK karena buruknya performa tim," tulis Fox Sport Asia.

Pada laga Indonesia melawan Timor Leste tercatat sebanyak 15.138 suporter yang mendukung skuat Garuda di SUGBK.


Dukungan suporter timnas Indonesia pada laga kontra timnas Singapura dalam laga pertama Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Kalang, Singapura, Jumat (9/11/2018). ( MOCH HARY PRASETYA/BOLASPORT.COM )

Kemudian di laga kedua saat Indonesia melawan Filipina tidak banyak peningkatan dari jumlah suporter yang datang.

Tercatat hanya 15.436 pendukung yang hadir langsung di SUGBK untuk memberikan dukungan langsung kepada timnas Indonesia.