Simon McMenemy, dari Manajer Klub Liga Inggris, Pengubah Nasib Sepak Bola Filipina hingga Berlabuh di Timnas Indonesia

By Bagas Reza Murti - Kamis, 20 Desember 2018 | 15:34 WIB
Pelatih Bhayangkara FC Simon McMenemy mengamati timnya saat dikalahkan Persib Bandung pada pekan ke-29 Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, 3 November 2018. ( FERI SETIAWAN/SUPERBALL.ID )

Perjalanan karier Simon McMenemy menjadi timnas Indonesia bisa dibilang penuh lika-liku. Mengawali karier sebagai asisten pelatih di klub Liga Inggris, Simon berkelana hingga wilayah Asia Tenggara untuk melatih timnas Filipina hingga Indonesia.

PSSI secara resmi mengumumkan bahwa Simon McMenemy dipercaya menjadi pelatih timnas Indonesia level senior di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis (20/12/2018).

Simon McMenemy dipercaya membesut tim Garuda selama dua musim.

Juru taktik asal Skotlandia itu menggantikan Bima Sakti yang sebelumnya dipercaya menjadi pelatih timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Perjalanan panjang dilakukan Simon McMenemy sebelum akhirnya berlabuh menjadi juru taktik pasukan garuda.

Karier kepelatihan Simon dimulai pada 2009 ssat menjadi asisten pelatih Haywards Heath Town sebuah klub Liga Inggris di kompetisi Sussex County League (kasta 9 liga Inggris).

(Baca Juga: Hamka Hamzah Geram dengan Tuduhan Pengaturan Skor di Final Piala AFF 2010)

Dilansir BolaSport.com dari BBC, Simon memiliki kesempatan mengobrol melalui Facebook dengan dua saudaranya dari Filipina, Simon dan Paul Greatwich yang ia latih pada 2010.

Mereka mengatakan jabatan untuk pelatih kepala timnas Filipina saat itu tengah kosong, dan Simon dengan berani mencalonkan diri meski hanya berstatus sebagai pelatih tim non-liga.

Federasi Sepak Bola Filipina saat itu terkesan dan Simon McMenemy langsung ditugasi tugas berat menghadapi Piala AFF 2010.