Rela Studi Banding ke Manchester, PSS Sleman Bakal Tiru Konsep Manchester United

By Adif Setiyoko - Senin, 19 Februari 2018 | 14:46 WIB
Pemain PSS Sleman mengikuti latihan di lapangan Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa (9/1/2018) . (@PSSLEMAN/TWITTER)

Demi meningkatkan kualitas pemain binaannya, klub Liga 2 Indonesia, PSS Sleman, bakal meniru konsep akademi milik klub asal Liga Premier Inggris, Manchester United. Hal ini disampaikan oleh manajer PSS Sleman, Sismantoro.

Menurut Sismantoro, saat ini pihaknya tengah melakukan pengecekan demi mempersiapkan rencana pembangunan mess dan juga akademi ini dengan matang, termasuk mess dan juga lapangan.

Selain itu, nantinya pihak manajemen juga akan membangun kompleks lapangan latihan yang dikhususkan untuk akademi PSS dari mulai usia dini hingga U-21.

Pasalnya, regulasi mewajibkan setiap tim untuk memiliki klub junior andai nantinya klub kebanggaan warga Sleman ini resmi berkiprah di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air.

(Baca Juga: PSS Sleman Resmi Datangkan Mantan Penyerang Bali United)

"Memang regulasi Liga 1 kan tim harus punya akademi kelompok usia hingga 21 tahun. Jadi nanti di sana ada kompleks latihan untuk tim junior PSS juga," kata Sismantoro.

"Semua kegiatan akan difokuskan di sana agar bisa maksimal juga hasilnya, ya semacam di Manchester lah seperti yang sempat di survei Pak Sukeno," ujar Sismantoro.

Bahkan untuk mempersiapkan akademi yang benar-benar profesional, Dikrektur Utama PT PSS, Soekeno, telah melakukan studi banding ke kota Manchester, Inggris.

"Pak Keno, sudah ke Manchester untuk studi banding dan melihat konsep di Manchester United," tuturnya.

"Jadi nanti kebutuhan anggaran akan dipenuhi secukupnya. Sedangkan prosesnya pembangunannya dilakukan bertahap," imbuhnya menjelaskan.