Haru dan Kontroversi Warnai Penobatan Penghargaan bagi Pebalap yang Kedua Kakinya Diamputasi Ini

By Bayu Nur Cahyo - Senin, 17 Desember 2018 | 21:02 WIB
Billy Monger memenangi Helen Rollason Award di BBC Sports Personality of the Year 2018. (DOK. BILLY MONGER)

Pebalap muda disabilitas Billy Monger sukses memenangi sebuah penghargaan bergengsi di BBC Sports Personality of the Year (SPOTY 2018).

Billy Monger kembali membalap pada Maret 2018 setelah tahun lalu mengalami kecelakaan hebat pada British Formula 4 di Sirkuit Donington Park.

Kecelakaan pada April 2017 lalu yang membuat kedua kaki Monger diamputasi. Tetapi, bencana tersebut tak menyurutkan semangatnya untuk kembali membalap.

Monger bahkan naik kelas dengan tampil di level yang lebih tinggi, yaitu British Formula 3. Penampilannya pun tidak dapat dianggap remeh.

Pebalap berjulukan Billy Whizz itu pun mampu meraih hasil podium yakni saat finis ketiga pada balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, pada Juli lalu.

Atas semangatnya tersebut, Billy Monger mendapat penghargaan Helen Rollason Award di BBC Sports Personality of the Year(SPOTY 2018).

(Baca juga: Selamatkan Nyawa Conor McGregor di UFC 229, Fan Ini justru Dapat Hukuman Seumur Hidup)

Helen Rollason Award adalah sebuah penghargaan yang mengakui pencapaian luar biasa seorang atlet dalam menghadapi situasi sulit.

Penghargaan tersebut diperkenalkan pada tahun 1999 untuk mengenang jurnalis BBC bernama Helen Rollason yang meninggal karena kanker pada usia 43 tahun.

"Saya harus mengucapkan rasa terima kasih yang besar kepada para dokter saya dan para ahli bedah," kata Monger yang dikutip BolaSport.com dari BBC.com.