PSSI Benarkan Hukuman untuk Mitra Kukar, Derita Sanksi Naga Mekes Bertambah

By Irwan Febri Rialdi - Kamis, 9 November 2017 | 14:43 WIB
Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, berbicara kepada media pada acara Press Conference AFF Award di Nusa Dua, Bali, 23 September 2017. (YAN DAULAKA/BOLASPORT.COM)

PSSI menilai keputusan Komdis PSSI menjatuhkan sanksi kekalahan untuk Mitra Kukar dari Bhayangkara FC dengan skor 0-3 pada Jumat (3/11/2017) dinilai sudah tepat.

Mitra Kukar terbukti melanggar dengan memainkan pemain asingnya Mohamed Sissoko yang sedang menjalani masa hukuman larangan dua kali tampil setelah terkena kartu merah.

Dalam keputusan Komdis PSSI pada 28 Oktober 2017, Sissoko dilarang tampil dalam dua laga, yakni saat melawan Bhayangkara FC pada tanggal 3 November 2017 dan Persiba Balikpapan pada 11 November 2017.

Terkait status Sissoko ini, salinan keputusan telah disampaikan secara resmi kepada Mitra Kukar pada tanggal 31 Oktober 2017.

Dengan demikian, status Sissoko jelas tidak boleh dimainkan pada laga melawan Bhayangkara yang saat itu berkesudahan 1-1.

Keputusan Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan sanksi kekalahan walk out untuk Mitra Kukar saat menghadapi Bhayangkara FC pada tanggal 3 November 2017 lalu, dinilai sudah tepat.

(Baca Juga: Usai Baku Hantam, Ini Potret Kedekatan Stefano Lilipaly dan Sylvano Comvalius Saat Latihan)

“PSSI harus melindungi aspek integrity, profesionalisme klub dan quality of the game."

"Surat keputusan sudah dikirim, otomatis hukumannya berlaku dan harus dihormati," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha.

Sesuai dengan Pasal 57, Regulasi Liga 1 tentang kartu kuning dan merah ayat 13 dan 14 menyebutkan, ketentuan tentang kartu kuning dan kartu merah mengikuti aturan yang ditetapkan dalam kode displin.