Tembus 4 Besar, Ini Catatan Apik Persib

By Ferril Dennys Sitorus - Jumat, 20 Juli 2018 | 16:23 WIB
Persib Bandung seusai menghadapi Persela Lamongan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Senin (16/7/2018). (ALVINO HANAFI/ BOLASPORT.COM)

Persib Bandung menjadi satu-satunya klub Liga 1 dengan jumlah kemasukan paling sedikit dibandingkan klub peserta lainnya.

Dari 15 laga yang sudah dilakoni, "Maung Bandung" telah keboboan sebanyak 11 kali. Sementara itu, mereka sukses mencetak 20 gol.

"Semua pemain di lini pertahanan bekerja dengan sangat baik untuk tim. Tapi kita juga terus berusaha berkembang untuk pertahanan," kata pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, seperti dikutip BolaSport.com dari Antaranews.com, Jumat (20/7/2018).

Dari 17 tim peserta lainnya, yang paling mendekati catatan Persib yakni Bali United dan Perseru Serui dengan jumlah kebobolan sebanyak 16 kali. Namun Bali United memiliki selisih yang tidak jauh dengan catatan gol sebanyak 19.

Perseru Serui memiliki catatan bagus dalam hal jumlah kebobolan, namun tidak diimbangi dengan gol yang berhasil disarangkan ke gawang lawan yakni hanya 9 gol.

Sebanyak 15 klub lainnya mencatatkan jumlah kebobolan lebih dari 20 gol.



Gomez memaparkan rahasia pertahanan solid anak-anak asuhnya.

Dia menilai, semua pemain memiliki peran penting dalam menggalang pertahanan saat tim diserang lawan.

"Baik pertahanan maupun penyerangan adalah kerja sama tim. Semua pemain bertahan dan mereka juga melakukan penyerangan," katanya.

Ia menjelaskan, saat menyerang, semua pemain di segala lini saling membantu satu sama lain. Hal sama juga terjadi saat bertahan.

Semua pemain bahu-membahu untuk membentuk pertahanan tangguh.

Gomez pun memuji permainan anak asuhnya dalam kompetisi putaran pertama Liga 1 Indonesia. Mereka dinilai bisa menjalankan instruksi dengan baik.