Petisi Persib Bandung Pindah ke Liga Thailand Muncul, Ini Kerugian Jika Hengkang dari Liga Indonesia

By Metta Rahma Melati - Kamis, 4 Oktober 2018 | 13:29 WIB
Para pemain Persib Bandung bersiap jelang laga Liga 1 2018 kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (23/9/2018). ( FERNANDO RANDY/TABLOID BOLA )

Muncul petisi di media sosial yang meminta Persib Bandung hengkang ke Liga Thailand menyusul sanksi berat yang didapat dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Namun ada sebuah kerugian besar jika Persib hengkang dari Liga Indonesia.

Petisi tersebut ada di laman change.org yang mana enam ribu orang setuju dengan menandatanganinya.

"Melalui petisi ini saya ingin melihat respons bobotoh, bagaimana kalau Persib tim kebanggaan masyarat Bandung & Jawa Barat pindah ke Liga Thailand. Ada beberapa alasan yang mendorong saya membuat petisi ini," tertulis kalimat awal dalam petisi yang diinisiai oleh warganet berakun Yusuf Maulana.

Namun ada konsekuensi yang harus diterima Persib jika benar-benar memutuskan untuk hengkang dari Liga Indonesia.

Jika Persib pindah ke Liga Thailand, tim beralias Maung Bandung itu bakal susah bermain di Liga Champions Asia meski menjuarai kompetisi di Thailand.

Berkaca dari Singapore Premier League (SPL), yang dikenal dengan memiliki slot untuk tim asing bergabung dalam kompetisi.

Satu tim asing yakni Albirex Niigata Singapura tidak bisa mewakili SPL ke Liga Champions Asia.

(Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 - Timnas Indonesia Berpotensi Satu Grup dengan Vietnam, Malaysia, atau Tim Giant of Asia)


Petisi Persib pindah ke Liga Thailand.(CHANGE.ORG)

Albirex Niigata Singapura merupakan juara SPL 2018 yang merupakan tim satelit dari klub Jepang Albirex Niigata dan dengan demikian tidak memenuhi syarat untuk mewakili Singapura dalam kompetsi klub AFC.

Sehingga, Home United yang merupakan runner-up liga, akan memasuki babak play-off Kualifikasi Liga Champions Asia 2019.