Cile dan Amerika Serikat Gagal ke Piala Dunia 2018, Korban Konspirasi?

By Bagas Reza Murti - Minggu, 15 Oktober 2017 | 22:13 WIB
Timnas Amerika Serikat sebelum kick off melawan Trinidad Tobago dimulai pada Rabu (11/10/2017). AS harus menelan kekalahan 1-2 atas tim tuan rumah dan gagal lolos ke Piala Dunia 2018. (TWITTER.COM/USSOCCER)

Sudah 23 negara memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Semua zona federasi telah memainkan laga terakhir pada 11 Oktober 2017, kecuali zona Afrika yang tinggal menyisakan satu pertandingan.

Sejauh ini, zona Afrika juga telah memastikan dua wakilnya, yaitu Nigeria dan Mesir.

Sebelumnya, zona Eropa telah mendapatkan 10 wakil yang lolos langsung ke Piala Dunia 2018, yaitu Prancis, Rusia, Jerman, Serbia, Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia, Islandia, dan Rusia yang bertindak sebagai tuan rumah.

Zona Asia juga telah mengirim empat wakil melalui Iran, Jepang, Arab Saudi, dan Korea Selatan.

Sementara dua zona paling kompetitif, CONCACAF dan Conmebol, juga telah memastikan masing-masing wakilnya yang langsung lolos ke Rusia.

Zona CONCACAF (Amerika Utara dan Karibia) sebelumnya telah meloloskan Meksiko dan Kosta Rika ke Piala Dunia 2018.

Kini, Panama memastikan diri menyusul keduanya karena ada di posisi tiga klasemen akhir. Sementara Honduras memastikan satu tempat di play-off untuk melawan Australia, wakil dari Asia.

Zona Conmebol (Amerika Selatan) memastikan Lionel Messi akan ada di Rusia tahun depan setelah menjadi pahlawan hat-trick di laga terakhir melawan Ekuador 3-1.

Sebelumnya, Brasil menjadi satu-satunya wakil Amerika Selatan yang memastikan tempat terlebih dahulu di Rusia 2018.