Tidak Usah Kaget dengan Pencoretan Leroy Sane

By Lariza Oky Adisty - Selasa, 5 Juni 2018 | 11:30 WIB
Pelatih Jerman, Joachim Loew (kiri), berbicara dengan Leroy Sane dalam sesi latihan di Evian-les-Bains, Prancis pada 7 Juni 2016. (PATRIK STOLLARZ/AFP)

Keputusan pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, untuk tidak memanggil bintang Manchester City, Leroy Sane, ke Piala Dunia 2018 membuat banyak pihak terkejut.

Dalam konferensi pers pengumuman skuat Jerman, Senin (4/6/2018) sore WIB, Loew mengatakan bahwa dia sempat sulit memilih antara Leroy Sane dan Julian Brandt.

Leroy Sane dan Julian Brandt sangat berkualitas dan lihai menggiring bola. Julian Brandt bermain sangat baik di Piala Konfederasi dan di sesi latihan. Sementara Leroy Sane sangat berbakat, tetapi dia belum meyakinkan,” kata Loew seperti dikutip Bolasport.com dari Kicker.

Keputusan tersebut membuat banyak pihak terkejut mengingat Sane sangat bersinar pada musim 2017-2018 bersama Manchester City.

(Baca juga: Piala Dunia 2018 - Jadwal Timnas Jerman di Fase Grup)

Catatan 14 gol dan 19 assist di semua kompetisi, serta gelar Pemain Muda Terbaik Liga Inggris, sudah cukup membuktikan kegemilangan Sane musim lalu.

Adapun Brandt “cuma” mencetak 12 gol dan 7 assist. Jelas jauh dari catatan Sane.

Dua pemain senior yang dipilih Loew, Julian Draxler dan Marco Reus, juga tidak bagus-bagus amat di level klub musim ini.

Seharusnya tidak ada alasan dong bagi Joachim Loew untuk mencoret Leroy Sane dan memilih nama-nama di atas. Betul, tidak?

Reaksi media daring internasional terhadap keputusan Loew pun beragam.