Sepenggal Kisah Persahabatan Mauricio Pochettino dan Unai Emery

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Minggu, 2 Desember 2018 | 06:25 WIB
Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino dan staf kepelatihan, dalam laga Piala Liga Inggris kontra West Ham United di London Stadium, Rabu (31/10/2018) atau Kamis dini hari WIB. (twitter.com/SpursOfficial)

Pelatih Tottenham Hotspur, menceritakan awal mula terjalinnya pertemanan dengan manajer Arsenal, Unai Emery.

Mauricio Pochettino seperti membuka kembali lembaran lama hidupnya tatkala Tottenham Hotspur akan melawat ke markas Arsenal akhir pekan ini.

Tottenham Hotspur akan menantang Arsenal di Stadion Emirates, Minggu (2/12/2018) pukul 21.05 WIB, dalam laga pekan ke-14 Liga Inggris bertajuk Derbi London Utara.

Menjelang laga tersebut, Mauricio Pochettino teringat bagaimana ia memulai memiliki hubungan yang baik dengan manajer Arsenal, Unai Emery, enam tahun silam.

Pada musim panas 2012, Pochettino yang masih menangani Espanyol, mendapatkan tawaran melatih Valencia.

(Baca Juga: Mauricio Pochettino: Tottenham Hotspur Bukan Kandidat Juara Liga Inggris)

Setelah diusut, ternyata tawaran itu datang setelah Emery memberikan rekomendasi kepada Presiden Valencia, sebelum hengkang ke Spartak Moskva.

"Ia (Presiden Valencia) menelepon saya dan mengatakan,'Saya ingin Anda di Valencia," ucap Pochettino, dikutip BolaSport.com dari laman Football 365.

“Kami berbicara dan dia berkata, 'Unai Emery menyarankan dan menyuruh saya untuk menjemput Anda, Anda adalah manajer terbaik', dan saya mengatakan tidak untuk tetap bertahan di Espanyol.

“Lalu saya menelepon Unai yang berada di Spartak Moscow dan berkata, 'Terima kasih banyak karena telah merekomendasikanku'. Saya memilih tinggal di Espanyol pada saat itu. Saya setia," bebernya.