Gempa di Lautan Banten 20 Kali Lebih Kuat dari Gempa di Kandang Leicester City

By Beri Bagja - Selasa, 23 Januari 2018 | 16:50 WIB
Kemeriahan suporter di tribune kandang Leicester City, King Power Stadium, dalam partai Liga Inggris melawan Everton, 7 Mei 2016. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang wilayah Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, hingga sebagian Lampung, pada Selasa (23/1/2018).

Menurut informasi BMKG yang dilansir BolaSport.com dari Kompas.com, gempa terjadi sekitar pukul 13.34 WIB.

Sumber gempa terletak 81 kilometer Barat Daya Lebak, Banten, pada kedalaman 10 kilometer.

Ratusan rumah di Kapubaten Lebak juga mengalami kerusakan akibat efek getaran gempa tersebut.

Kalau dibandingkan, daya getar gempa di Lautan Banten kali ini lebih dahsyat sekitar 20,3 kali dari lindu yang terjadi di markas Leicester City, King Power Stadium, dua tahun lalu.

Gempa yang terjadi di King Power toh bukan akibat aktivitas seismik alamiah bumi, melainkan karena efek gemuruh suporter di stadion tersebut sebagai dampak antusiasme fan.

(Baca Juga: Perayaan Gol Fans Leicester Sebabkan Gempa Bumi Ringan)

Penelitian ilmiah yang dikutip BolaSport.com dari The Guardian membuktikan adanya efek gempa berkekuatan 0,3 magnitudo yang diakibatkan hiruk-pikuk fans di King Power Stadium.

Kejadiannya muncul saat The Foxes menjamu Norwich pada lanjutan Premier League pekan ke-27 musim 2015-2016, Sabtu (27/2/2016).

King Power bergemuruh dahsyat menyambut gol penentu kemenangan 1-0 Leicester atas Norwich yang tercipta pada menit ke-89.