Lolos ke Semifinal, Kroasia Ulangi Catatan Argentina pada Piala Dunia 1990

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Minggu, 8 Juli 2018 | 05:38 WIB
Pemain Kroasia, Domagoj Vida, melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Rusia pada perempat final Piala Dunia 2018 di Fisht Arena, Sabtu (7/7/2018) (ADRIAN DENNIS / AFP)

 Timnas Kroasia berhasil mengakhiri perlawanan sengit timnas Rusia melalui babak adu tendangan penalti dengan skor 4-3, Minggu (8/7/2018) di Fisht Olimpiyskiy Stadium, Sochi, dini hari pukul 01.00 WIB.

Hasil ini membuat pecahan Yugoslavia itu melangkah ke semifinal dan menantang Inggris pada Rabu (11/7/2018) waktu setempat.

Dilansir BolaSport.com dari Opta, Kroasia menjadi tim kedua yang mampu memenangi dua kali babak adu tendangan penalti dalam satu edisi Piala Dunia.

Seperti diketahui, sebelum mengandaskan langkah Rusia, Kroasia sukses menyingkirkan Swiss via adu tendangan 12 pas setelah imbang 1-1 selama 120 menit laga.

Langkah Luka Modric dkk didahului oleh Diego Maradona cs pada Piala Dunia 1990, yang menyingkirkan Yugoslavia dan tuan rumah Italia.

(Baca Juga: Neymar: Kegagalan Brasil adalah Momen Paling Menyedihkan bagi Karier Saya)

Meskipun, pada akhirnya Argentina takluk 0-1 oleh Jerman pada babak semifinal.

Dalam laga Kroasia kontra Rusia, terjadi drama saling susul gol.

Sempat unggul via gol Denis Cheryshev pada menit ke-31, sontak seisi stadion yang mayoritas diisi suporter tim tuan rumah bergemuruh.