Joachim Loew Nilai Spanyol Akan Kesulitan Meski Tetap Berkelas dan Berkualitas

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 14 Juni 2018 | 04:54 WIB
Pelatih Jerman, Joachim Loew, memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 lawan Rep. Ceska di Eden Arena, Praha, 1 September 2017. ( ROBERT MICHAEL / AFP )

Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, menilai pergantian pelatih yang mengejutkan di Spanyol akan memunculkan kesulitan dan kegelisahan meski Sergio Ramos dkk akan tetap berkelas dan berkualitas.

Hanya berjarak dua hari sebelum pertandingan pertama di Piala Dunia 2018, kabar mengejutkan datang dari timnas Spanyol.

Pelatih Julen Lupetegui resmi dipecat oleh timnas Spanyol pada Rabu (13/6/2018).

Tindakan tersebut merupakan buntut dari keputusan Lopetegui yang menerima pinangan Real Madrid setelah Piala Dunia 2018.

(Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskow)

Namun, federasi sepak bola Spanyol (RFEF) menganggap kabar tersebut berpotensi mengancam konsentrasi Sergio Ramos cs di Rusia.

Alhasil, RFEF lebih memilih untuk mencopotnya dan menggantikan dengan Fernando Hierro yang sebelumnya menjadi Direktur Olahraga Spanyol.

Akan tetapi, pelatih rival di Piala Dunia 2018, Joachim Loew, yakin tindakan tersebut tetap berpotensi menimbulkan kesulitan dan kegelisahan dalam skuat Tim Matador.

"Pergantian itu akan menyebabkan kesulitan dan kegelisahan. Fernando Hierro punya pengalaman dalam melatih dan saya pikir ia sempat menjadi asisten pelatih di Real Madrid. Ia pergi ke Valencia dan menjadi Direktur Olaharaga, tetapi saya tidak bisa menilai kualitasnya sebagai pelatih," kata Loew seperti dilansir BolaSport.com dari FourFourTwo.

"Namun, pemain Spanyol sudah sangat lama bermain bersama. Mereka memiliki filosofi jelas. Pemain saling mengenal satu sama lain dengan baik, jadi bersama atau tanpa Lopetegui, Spanyol tidak akan kehilangan kelas dan kualitas mereka," tuturnya.