Pelatih Timnas Kolombia Kecewa dengan Perlakuan Barcelona kepada Yerry Mina

By Verdi Hendrawan - Selasa, 19 Juni 2018 | 00:15 WIB
Pemain FC Barcelona, Yerry Mina, berpose di Barcelona, Spanyol, pada 12 Januari 2018. (PAU BARRENA/AFP)

Pelatih timnas Kolombia, Jose Pekerman, mengecam perlakuan terhadap bek mereka, Yerry Mina, yang ditunjukkan Barcelona sejak bergabung pada Januari 2018 lalu.

Barcelona memboyong Yerry Mina dari klub Liga Brasil, Palmeiras, pada jendela transfer Januari 2018 seharga 11,8 juta euro atau setara dengan 191 miliar rupiah.

Yerry Mina didatangkan untuk menutupi kepergian Javier Mascherano yang memilih hengkang ke klub Liga China, Hebei China Fortune.

Transfer yang dilakukan Barcelona ini juga dipercaya tidak akan membuat Yerry Mina hanya menjadi pelapis dengan statusnya sebagai salah satu bek terbaik yang ada di Amerika Selatan pada saat itu.

Namun, pelatih Ernesto Valverde ternyata tidak banyak memberi kesempatan kepada Yerry Mina untuk bisa bermain di dalam skuatnya.

Pada paruh kedua 2017-2018, Yerry Mina hanya dipercaya tampil 5 kali di ajang Liga Spanyol karena kalah bersaing dengan Gerard Pique dan Samuel Umtiti.

Perlakuan Barcelona terhadap Yerry Mina ini membuat Jose Pekerman mengaku kecewa dalam jumpa pers jelang laga perdana timnas Kolombia Grup H Piala Dunia 2018 kontra Jepang di Stadion Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018).


Pelatih Kolombia, Jose Pekerman (kiri), dan pelatih Peru, Ricardo Gareca, berbincang sebelum duel kedua tim di perempat final Copa America, 17 Juni 2016. (EDUARDO MUNOZ ALVAREZ/AFP)

(Baca Juga: Kalau Begini Caranya, Brasil Bisa Gagal Juara Piala Dunia 2018)