Piala Dunia 2018 adalah Ajang Jebloknya Tim Papan Atas

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Sabtu, 23 Juni 2018 | 16:41 WIB
Gelandang Jerman Mesut Oezil (kiri), bersama Julian Draxler dan Toni Kroos dalam laga melawan Meksiko di Grup F Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, 17 Juni 2018. (YURI CORTEZ/AFP)

 Piala Dunia 2018 memang baru menapaki putaran kedua babak penyisihan grup. Namun, berbagai kejadian telah memberikan kesan tersendiri bagi semua penikmat sepak bola seluruh dunia.

Salah satu fenomena yang patut dicirikan pada ajang empat tahunan antarnegara ini adalah ketidakberdayaan tim-tim unggulan.

Jerman yang dalam satu dekade ini tak pernah kalah pada laga pembukaan semua kompetisi baik itu Piala Eropa maupun Piala Dunia, nyatanya takluk 0-1 dari Meksiko, Minggu (17/6/2018).

Keberadaan Lionel Messi, Sergio Aguero, Paulo Dybala, dan Gonzalo Higuain di Argentina, tak mampu memberikan kemenangan setelah ditahan 1-1 oleh Islandia dan dihajar 0-3 Kroasia.

Sementara kualitas merata di seluruh lini yang dimiliki Spanyol tak bisa berbicara banyak lantaran ditahan 3-3 Cristiano Ronaldo cs, dan hanya mampu menang tipis 1-0 atas tim yang tak pernah lolos dari fase grup Piala Dunia, Iran.

Adapun kemampuan individual Neymar seperti nyaris tumpul tatkala Brasil ditahan imbang 1-1 Swiss pada 18 Juni 2018.

(Baca Juga: Siapakah yang Lebih Baik di antara Ronaldo dan Messi di Level Internasional?)


(Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa) 


Pelatih Belgia, Roberto Martinez (kanan) dan gelandang Kevin De Bruyne berbincang saat latihan di Park Arena, Sochi, Rusia, pada 16 Juni 2018.(ADRIAN DENNIS/AFP)