Pelatih Tunggal Putra Nasional Enggan Tanggapi Kritikan Soal Tim Thomas Indonesia

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 8 Mei 2018 | 18:09 WIB
Pelatih tunggal putra nasional Indonesia, Hendry Saputra, berpose seusai diwawancara sejumlah awak media di Hall Pelatnas Cipayung, Jakarta, Kamis (19/4/2018). (DIYA FARIDA PURNAWANGSUNI/BOLASPORT.COM)

Pelatih tunggal putra nasional, Hendry Saputra, mengaku enggan menanggapi terlalu dalam kritikan perihal tim Indonesia untuk Piala Thomas 2018.

Sorotan tajam mengarah ke Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), pelatih, dan pemain pasca-pengumuman skuat Merah Putih pada Piala Thomas tahun ini.

Bagi kubu yang kontra, pemilihan dua pemain tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa dan Firman Abdul Kholik, kurang tepat.

Mayoritas dari pihak ini menganggap pemain senior Tommy Sugiarto lebih layak mengisi skuat.

(Baca juga: Bonus dan Santunan Asuransi Iringi Perjuangan Tim Indonesia pada Piala Thomas-Uber 2018)

"Saya tidak mau mengomentari soal ini karena tugas saya adalah mempersiapkan pemain-pemain saya," tutur Hendry Saputra kepada BolaSport.com di sela acara perayaan HUT PP PBSI ke-67 di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

"Sekarang, saya mau fokus saja ke tugas saya, tidak mau memusingkan komentar orang luar. Toh, ini sudah diputuskan oleh pengurus PBSI," kata Hendry lagi.

Lebih lanjut, Hendry Saputra menjelaskan bahwa sebagai pelatih dia tidak memiliki wewenang untuk mengambil keputusan terkait pemilihan pemain di tim Piala Thomas 2018.

Namun, dia tidak menampik bahwa keputusan PP PBSI tersebut berdasarkan nama-nama yang dia usulkan.


Firman Abdul Kholik melakukan selebrasi setelah menjadi penentu kemenangan tim putra bulu tangkis Indonesia atas Korea Selatan pada pertandingan babak semifinal Kejuaraan Beregu Asia 2018 di Stadium Sultan Abdul Halim, Kedah, Malaysia, pada 10 Februari 2018.(BADMINTON INDONESIA)