Gabungan Tim Korea Akan Bertanding pada 3 Cabang Asian Games 2018

By Delia Mustikasari - Kamis, 28 Juni 2018 | 18:17 WIB
Delegasi Korea Utara dan Korea Selatan berpose setelah pertemuan dengan Wakil Ketua Inasgoc Sjafrie Sjamsoedin di Gedung Inasgoc, Jakarta, Kamis (28/6/2018). (INASGOC)

Komite Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) telah mengumumkan bahwa Korea Utara dan Korea Selatan akan bergabung dalam satu tim di tiga cabang olahraga dan enam nomor pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September.

Pertemuan yang dihadiri oleh empat pihak ini diselenggarakan di Kantor Pusat Inasgoc pada Kamis (28/6/2018).

OCA mengatakan bahwa kedua Komite Olimpiade Nasional akan bergabung di kompetisi olahraga basket, perahu naga, dan dayung dengan perincian cabang bola basket putri dan dayung (putra dan putri) pada disiplin kano/kayak.

Tim gabungan juga akan diturunkan pada dayung putra LM4-, LM8+, dan dayung putri LW2X.

Meski bergabung, tidak boleh ada penambahan kuota untuk atlet yang sudah diberlakukan ke seluruh National Olympic Committee (NOC) negara lain.

OCA menyambut partisipasi gabungan dari dua Negara Korea ini dengan antusias.

"Ini akan menjadi sejarah pada Asian Games bagi OCA dan bagi benua Asia sendiri karena ini akan menjadi kali pertama bagi Korea Utara dan Korea Selatan bersatu dalam tim di beberapa olahraga," kata Direktur Internasional dan Hubungan Komite Olimpiade Nasional OCA, Vinod Kumar Tiwari.

"Mereka sudah pernah jalan beriringan sebelum upacara pembukaan dan kami sangat senang bahwa mereka akan melanjutkan kerja sama persatuan ini dalam semangat persatuan dan persahabatan yang lebih lanjut," ucap Tiwari dalam siaran pers yang diterima BolaSport.com.

(Baca juga: Malaysia Open 2018 - Kalah Lagi dari Wakil Denmark, Fajar/ Rian Akan Cari Strategi Baru)