China dan Indonesia Berjaya pada Kejuaraan Dunia, Malaysia Masih Gigit Jari

By Susi Lestari - Rabu, 18 Juli 2018 | 15:17 WIB
Datuk Ng Chin Chai menjadi kepala staf kepelatihan (Coaching & Training) Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) baru. (THE STAR)

China dan Indonesia adalah dua negara yang secara kuantitas memiliki juara dunia terbanyak dibandingkan dengan negara lain.

Sejak Kejuaraan Dunia pertama kali digelar pada 1977 hingga 2017 tercatat China berhasil menjadi pemuncak klasemen dengan koleksi 58 gelar juara dunia dari lima sektor.

Sementara Indonesia, menjadi runner-up dengan torehan 20 gelar juara dunia.

Berbeda dengan China dan Indonesia, Malaysia justru belum pernah mencicipi gelar juara dunia.

(Baca Juga: Dapat Tantangan dari Mantan Rival, Manny Pacquiao Belum Beri Jawaban)

Raihan terbaik Negeri Jiran adalah sebagai runner-up yang pernah dipersembahkan oleh Lee Chong Wei (tunggal putra) pada 2011, 2013, dan 2015.

Melihat hal ini, Sekretaris Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) Ng Chin Chai berharap ada hasil baik yang bisa didapat pada gelaran Kejuaraan Dunia 2018.

"Malaysia belum pernah menghasilkan satu juara dunia pun, padahal bulu tangkis adalah olahraga populer di sini," kata Ng dilansir BolaSport.com dari The Star.

"Tim nasional telah mengalami pasang-surut akhir-akhir ini. Semoga Kejuaraan Dunia 2018 menjadi awal kebangkitan bagi kami," ucap Ng.