Sepak Takraw Indonesia Layangkan Protes kepada Malaysia

By Noverta Salyadi - Kamis, 23 Agustus 2018 | 23:17 WIB
Wakil Ketua Sekretaris Jendral PSTI, Eddy Fadil Rachmat memberikan keterangan Pers, atas masuknya Malaysia dalam nomor tim berregu putra sepak takraw pada Asian Games, Kamis (23/8/2018) di venue danau Jakabaring. (NOVERTA SALYADI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM – Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) semakin gencar melakukan protes terhadap ikut sertanya Malaysia di nomor beregu Asian Games 2018. Dalam hasil drawing di Hotel JW Luwansa, Jakarta, 5 Juli lalu, Malaysia tidak turut serta dalam nomor beregu sepak takraw.

Awal protes Indonesia ketika Presiden Federasi Sepak Takraw Malaysia, Ahmad Ismail, memaksakan untuk ikut serta dalam nomor beregu putra, setelah mengetahui Thailand sebagai tim kuat tidak ikut serta dalam nomor ini.

Malaysia sendiri pada kelompok putra hanya mengikuti tim beregu yang kemarin sudah dipertandingakan dengan meraih perak, serta tim ganda yang sekarang masih bertanding di penyisihan grup.

(Baca Juga: Bukan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, Ini Peraih Ballon d'Or 2018 Menurut Ricardo Kaka)

Sementara itu, nomer beregu putra baru akan bertanding pada 30 Agustus nanti.

Aksi protes PSTI didukung oleh Wakil Presiden OCA Wei Jizhong maupun negara peserta lainnya seperti Singapura dan India.

Wei Jizhong menegaskan hasil drawing tidak bisa diubah sehingga proses drawing bisa terus berlangsung sampai selesai.

Eddi Fadil Rachmad, Wakil Sekjen PSTI mengatakan pihak telah melayangkan surat kepada ASTAF, OCA, KOI, dan INASGOC untuk tidak menyetujui permintaan Malaysia tersebut ikut dalam nomor beregu putra.

"Ini bukan Indonesia saja yang protes, tetapi juga beberapa negara lain juga melakukan protes keras terhadap Malaysia dalam nomor beregu putra ini, dan mereka telah melayangkan surat kepada Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir," ujar Fadil.