Rowing Asian Games 2018 - Di Balik Kesuksesan Tim LM8+, dari Bayar Denda Rp 500 Ribu hingga Raih Emas

By Delia Mustikasari - Jumat, 24 Agustus 2018 | 22:19 WIB
Wakil Ketua Umum PB PODSI Budiman Setiawan (paling kanan) berbicara dalam konferensi pers setelah rowing menyelesaikan pertandingan terakhir di Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (24/8/2018). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

Cabang olahraga dayung, disiplin rowing akhirnya menyumbang medali emas bagi kontingen Indonesia pada hari keenam Asian Games 2018.

Tim Indonesia yang beranggotakan Tanzil Hadid, Rio Rizki Darmawan, Ali Buton, Ihram, Ujang Hasbulloh, Muhad Yakin, Jefri Ardianto, Ferdiansyah, serta Ardi Isadi finis di posisi pertama dengan catatan waktu 6 menit 08,88 detik.

Medali perak pada nomor tersebut menjadi milik Uzbekistan (6:12.46), sementara medali perunggu diraih Hong Kong dengan torehan 6 menit 14,46 detik.

Raihan medali emas dari disiplin rowing didapat melalui proses selama tujuh tahun yakni mulai 2011 atau setelah SEA Games 2011 yang digelar di Indonesia.

Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) selanjutnya merekrut Boudewijn Van Opstal (Belanda) untuk meningkatkan performa tim rowing Indonesia.

Dalam kurun waktu tersebut, Van Opstal bekerja sama dengan PODSI melakukan perubahan yang dimulai dengan mengubah pola pikir.

"Hal yang diubah tidak hanya latihan, tetapi juga pola pikir. Misalnya, kalau atlet datang telat saat berlatih kami kenai denda Rp 50.000," kata Wakil Ketua Umum PB PODSI Budiman Setiawan dalam konferensi pers yang dihadiri BolaSport.com, Jumat (24/8/2018).


Tim rowing Indonesia nomor LM8- berpose dengan medali emas setelah pertandingan di Jakabaring Spory City, Palembang, Jumat (24/8/2018).(DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

"Awalnya, mereka susah diatur dan terkesan seenaknya. Mereka rela membayar denda Rp 50.000 karena bagi mereka nilai denda itu murah, sementara uang saku mereka cukup besar," ucap Budiman.