Pelatih Bulu Tangkis Malaysia asal Indonesia Nilai Kedua Negara Bisa Setara dalam Prestasi

By Delia Mustikasari - Sabtu, 20 Oktober 2018 | 15:34 WIB
Pelatih asal Indonesia, Paulus Firman. (TRIBUN JATENG)

Pelatih timnas ganda putra bulu tangkis Malaysia asal Indonesia, Paulus Firman, mengatakan bahwa kedua negara memiliki banyak kesamaan.

Paulus Firman percaya bahwa Malaysia dapat setara prestasinya dengan tetangga mereka, Indonesia pada waktunya.

Paulus mengatakan tidak seperti negara lain, baik Malaysia dan Indonesia memiliki banyak kesamaan.

"Kedua negara memiliki banyak kesamaan di olahraga bulu tangkis. Di sini, bulu tangkis bukan hanya sekadar olahraga, tetapi juga pilihan karier. Anda tidak bisa mengatakan hal yang sama untuk negara-negara seperti Filipina," kata Paulus, yang sebelumnya melatih di Indonesia dan Filipina.

"Saat ini, Indonesia telah mendapat lima pasang ganda putra yang menembus peringkat 20 besar dunia, sementara kami memiliki tiga di atas peringkat ke-25 dunia," ucap Paulus seperti dilansir BolaSport.com dari NST.

Paulus mengatakan bahwa pebulu tangkis Indonesia rata-rata mencapai puncak prestasi setelah Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) setelah dibina selama empat tahun.

(Baca juga: Denmark Open 2018 - Tersingkir, Chan/Goh Akui Pasangan Lawan Lebih Baik)

Ditanya tentang apakah pemain Indonesia memiliki sikap yang lebih baik dalam mendekati pertandingan, Paulus menyangkalnya.

"Tidak juga, tentu saja sebagai pelatih, itu juga tanggung jawab kami untuk membimbing pemain dan memastikan mereka disiplin," ujar Paulus.