Daren Liew Mengaku Terbebani Berada di Bawah Bayang-bayang Lee Chong Wei

By Delia Mustikasari - Senin, 31 Desember 2018 | 10:50 WIB
Ekspresi tunggal putra Malaysia, Daren Liew, saat terjatuh pada pertandingan perempat final Kejuaraan Dunia 2018, Jumat (3/8/2018). (THESTAR.COM.MY)

Daren Liew mengaku merasa terbebani dengan bayang-bayang Lee Chong Wei sebagai pebulu tangkis tunggal putra terbaik Malaysia saat ini.

Liew diharapkan bisa mengikuti jejak Lee yang sudah menyumbang tiga keping medali perak Olimpiade dan menduduki peringkat pertama dunia selama 199 pekan pada 2008.

"Di Malaysia, semua orang terus mengatakan bahwa saya adalah Lee Chong Wei berikutnya. Tetapi, dia telah menetapkan standar yang tinggi. Sangat sulit untuk menjadi seperti dia," kata Liew seperti dilansir BolaSport.com dari Firstpost.

Pada Kejuaraan Dunia 2018 di Nanjing, China, Liew merebut medali perunggu. Dalam perjalanan meraih podium ketiga, Liew mengalahkan Jonatan Christie (Indonesia), Kidambi Srikanth (India), dan Kanta Tsuneyama (Jepang).

Dengan absennya Lee sementara dari turnamen internasional, Liew otomatis menjadi tunggal putra nomor satu Malaysia saat ini.

"Saya tidak pernah menyangka. Pada babak pertama, saya melawan Jonatan, tidak ada yang mengharapkan saya untuk menang. Pertandingan itu benar-benar berhasil membangkitkan kepercayaan diri saya dan saya mulai bermain lebih baik lagi," ucap Liew.

"Saya mulai percaya pada diri saya sendiri dan saya memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu."

Dia menjadi orang Malaysia ketiga yang memenangkan medali Kejuaraan Dunia dan itu memberinya pengakuan yang selalu dia inginkan.

"Di rumah, itu adalah kejutan besar bagi semua orang karena tidak ada yang menyangka saya akan melangkah jauh," katanya.