Wasit Ungkap Fakta Baru, Hampir Seluruh Tim Liga 2 Terlibat Skandal Pengaturan Skor

By Adif Setiyoko - Kamis, 10 Januari 2019 | 19:01 WIB
Wasit Muhammad Irham (baju batik) didampingi penasehat hukumnya Taufiqurrahman saat hendak menemui wartawan usai menjalani pemeriksaan oleh Satgas Antimafia Bola di Mapolda DIY pada Kamis (10/1/2019). (WIJAYA KUSUMA/ KOMPAS.COM)

Seorang wasit Liga 2, Muhammad Irham, membongkar fakta terbaru soal skandal pengaturan skor. Menurut penuturannya, hampir seluruh tim yang berkompetisi di ajang Liga 2 2018 diduga terlibat pengaturan skor.

Pernyataan ini dungkapkan oleh Muhammad Irham selepas dirinya diperiksa Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola di Mapolda DIY, Kamis (10/1/2019).

Muhammad Irham menjalani pemeriksaan mulai pukul 07.00 WIB. Selama menjalani pemeriksaan, ia didampingi penasihat hukumnya, Taufiqurrahman.

(Baca Juga: Wasit Liga 2 Ajak Rekan-rekannya Bongkar Praktik Kotor di Sepak Bola Indonesia)

Sejak Liga 2 bergulir, kata Taufiqurrahman, praktik-praktik match manipulation dengan salah satu caranya melakukan intimidasi terhadap wasit maupun perangkat pertandingan sudah berjalan.

Bentuk intimidasinya bisa menyasar pribadi wasit maupun keluarga.

Baca Juga:

"Sejak Liga itu bergulir, praktik-praktik itu sudah berjalan. Iya, bisa juga (intimidasi menyayasar pribadi maupun keluarga)," tuturnya.

Sementara itu, salah satu wasit yang memimpin Liga 2, Muhammad Irham menyampaikan banyak klub Liga 2 yang melakukan intimidasi kepada wasit, maupun perangkat pertandingan untuk match manipulation.