Vinales Akui Timnya Juga Pakai Winglet Mirip Ducati, Ini Fungsinya

By Bayu Nur Cahyo - Jumat, 29 Maret 2019 | 16:30 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, saat akan memulai balapan di MotoGP Qatar 2019. (twitter.com/mvkoficial12)

BOLASPORT.COM - Yamaha merupakan satu-satunya tim pabrikan yang tidak memprotes winglet yang digunakan pada motor Ducati Desmosedici.

Di sisi lain, empat tim yaitu Repsol Honda, Suzuki Ecstar, KTM, dan Aprilia meluncurkan protes terhadap winglet tim Mission Winnow Ducati lantaran menganggap bisa mendinginkan ban dan menimbulkan efek lainnya.

Namun, tim Yamaha juga sempat menggunakan perangkat serupa, tepatnya pada sesi latihan bebas pertama dan kedua (FP1 dan FP2) di seri MotoGP Austria 2018 lalu.

Menurut pembalap Yamaha yaitu Maverick Vinales yang pernah memakai perangkat serupa, penggunaan winglet di motor Ducati Desmosedici tidak terlalu berdampak pada performa motor.

Menurut Maverick Vinales, Yamaha kala itu menggunakan perangkat tersebut karena ingin menghalangi air agar tidak langsung terciprat di ban belakangnya.

Kala itu memang sesi FP1 dan FP2 MotoGP Austria 2018 berlangsung dalam kondisi basah setelah hujan lebat.

Valentino Rossi saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Austria di Red Bull Ring, Minggu (10/8/19).

"Apa yang kami pakai (saat itu di sesi latihan bebas MotoGP Austria 2018) karena hujan," kata Vinales yang dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Saat itu tujuannya adalah untuk menyingkirkan air sebelum menghantam ban dan menghindari aquaplaning," ujar Vinales menambahkan.