Mengenal Brazilian Jiu-jitsu, Salah Satu Disiplin dalam MMA

By Septian Tambunan - Kamis, 11 April 2019 | 23:33 WIB
Atlet ONE Championship asal Indonesia, Stefer Rahardian (atas). (ONE CHAMPIONSHIP)

BOLASPORT.COM - Brazilian Jiu-jitsu atau BJJ adalah salah satu disiplin bela diri yang terfokus pada ground fight alias pertarungan bawah.

Disiplin ini pertama kali dipopulerkan di Brasil dan merupakan pengembangan dari seni bela diri kodokan judo yang dipelopori oleh Mitsuyo Maeda bersama keluarga Gracie.

Klan Gracie bahkan membawa disiplin BJJ ke kancah internasional antara lain melalui kemenangan Royce Gracie di ajang mixed martial arts (MMA) tingkat dunia.

Baca Juga : Eko Roni Saputra Sebut Jam Tidur Terbaik untuk Atlet ONE Championship

Beberapa atlet MMA profesional Indonesia yang tergabung dalam ONE Championship juga mendalami BJJ sebagai salah satu displin dasar mereka.

Stefer "The Lion" Rahardian dan Anthony "The Archangel" Engelen dari Bali MMA, dua orang petarung asal Indonesia yang memiliki prestasi luar biasa di ONE Championship, berbagi pengetahuan mereka tentang disiplin bela diri ini.

 

"Sangatlah penting untuk mempelajari teknik dasar dan positioning untuk mengetahui posisi penting dalam grappling, utamanya bagi seorang atlet pemula atau peminat BJJ," ujar Stefer Rahardian dalam rilis yang diterima BolaSport.com dari ONE Championship.

"Tantangan utama mempelajari BJJ adalah kemauan yang keras, karena disiplin ini membutuhkan full body contact sehingga butuh dedikasi pikiran dan fisik secara total."

"Perlengkapan utama ada dua, yaitu gi yang menyerupai kimono Judo dan no-gi, yaitu celana pendek biasa atau dengan memakai compression t-shirt," tutur atlet divisi Flyweight tersebut.