Persaingan Ganda Campuran di Malaysia Cerminkan Sportivitas Tinggi

By Nestri Yuniardi - Selasa, 7 Mei 2019 | 14:26 WIB
Pasangan ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, saat berhasil memastikan gelar juara pada New Zealand Open 2019, di Eventfinda Stadium, Auckland, Selandia Baru, Minggu (5/5/2019). (New Zealand Badminton Open)

BOLASPORT.COM - Persaingan para pemain ganda campuran Malaysia menuju Olimpiade Tokyo 2020 kian panas seiring keberhasilan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying menjuarai New Zealand Open 2019.

Duet Chan Peng Soon/Goh Liu Ying naik ke podium kampiun seusai menundukkan wakil Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, pada babak final di Eventfinda Stadium, Auckland, Selandia Baru (5/5/2019).

Hasil tersebut membuktikan bahwa mereka masih menjadi pasangan ganda campuran terbaik yang dimiliki Negeri Jiran saat ini meski sang kompatriot, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, juga mulai bangkit.

Dalam tiga turnamen terakhir yang diikuti, Tan/Lai menunjukkan peningkatan performa yang cukup signifikan.

Pun demikian dengan pasangan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Kendati prestasi tahun ini belum secemerlang Chan/Goh, mereka sempat membuat kejutan besar dengan menyingkirkan pasangan ganda campuran China, Wang Yilyu/Huang Dongping, pada perempat final All England Open 2019.

Hal itulah yang membuat Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (Badminton Association of Malaysia/BAM) belum bisa menjamin pasangan manapun untuk mewakili negara pada Olimpiade Tokyo 2020.

"Saat ini, tiga posisi ganda campuran masih belum terjamin dan mereka harus bersaing untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020," ucap pelatih ganda campuran Malaysia, Pang Cheh Chang, yang dilansir BolaSport.com dari Stadium Astro.

"Ini lingkungan (persaingan) yang bagus. Dulu, Tan/Lai sempat menurun, tetapi dalam turnamen baru-baru ini mereka sangat kompetitif terhadap pasangan top dunia," ujar Pang lagi.