Jasa Besar Philippe Coutinho Membantu Liverpool Juara Liga Champions

By Beri Bagja - Senin, 3 Juni 2019 | 06:10 WIB
Virgil van Dijk dan Alisson Becker saling memberikan salam seusai pertandingan Liverpool melawan Tottenham pada final Liga Champions, 1 Juni 2019. (TWITTER.COM/ZYITEGADGETS)

BOLASPORT.COM - Kepergian Philippe Coutinho ke Barcelona secara tidak langsung dianggap membantu Liverpool untuk menjuarai Liga Champions 2018-2019.

Philippe Coutinho hengkang meninggalkan Liverpool menuju Barcelona pada bursa transfer musim dingin 2018.

Bukannya melemahkan kekuatan The Reds, transfer Coutinho justru memungkinkan pelatih Juergen Klopp membentuk materi skuad lebih tangguh.

Coutinho "berjasa" menyediakan dana segar guna menutupi dan membiayai pembelian dua komponen vital di pertahanan Liverpool, Alisson Becker dan Virgil van Dijk.

Baca Juga: Liverpool Juara Liga Champions, Nasib Apes Coutinho Mirip Ibrahimovic

Dikutip BolaSport.com dari Transfermarkt, Liverpool mengantongi 130,5 juta pounds atau setara Rp2,3 triliun dari penjualan sang playmaker ke Barca.

Fulus sebanyak itu dialokasikan secara efektif, di antaranya guna membiayai transfer kiper Alisson dari AS Roma beberapa bulan setelahnya (56,25 juta pounds).

Dana melimpah tersebut masih sisa banyak untuk menekan pengeluaran klub saat merekrut Van Dijk dari Southampton senilai 76 juta pounds.

Kolaborasi Alisson dan Van Dijk di lini belakang inilah yang melengkapi kepingan tim juara Liverpool setelah gagal di final Liga Champions 2018.