Valentino Rossi Sebut Michelin Jadi Penyebab Penurunan Performa Yamaha

By Agung Kurniawan - Selasa, 11 Juni 2019 | 09:30 WIB
Valentino Rossi ketika bersiap untuk menjalani balapan pada MotoGP Prancis 2019, Minggu (19/5/2019). (twitter.com/YamahaMotoGP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menyebut ban Michelin jadi biang keladi atas menurunnya performa motor Yamaha YZR-M1.

Hingga usainya balapan keenam MotoGP 2019, Valentino Rossi belum juga menemukan setelan motor yang pas untuk mengahadapi kerasnya persaingan di kelas utama.

Pembalap berkebangsaan Italia itu juga tidak menampik Monster Energy Yamaha sedang menunjukkan grafik penurunan terkait kinerja motor M1 musim ini.

Hal itu terlihat pada balapan terakhir yang dilakoni Valentino Rossi di Sirkuit Mugello lalu, di mana dia harus rela mengawali balapan dari urutan ke-18 sebelum akhirnya harus gagal finis.

Berkaca dari kenyataan itu, Valentino Rossi menilai selain set-up hal lain yang membuatnya selalu mengalami pasang surut terkait kinerjanya adalah faktor ban.

The Doctor merasa jika Yamaha tidak membuat kemajuan berarti sejak MotoGP mengganti pemasok ban dari Bridgestone ke Michelin pada musim 2016.

"Hingga paruh musim 2016, Yamaha menjadi motor yang begitu kuat dengan ban Bridgestone pada musim 2015," ucap Valentino Rossi dilansir BolaSport.com dari motorsport.

"Saya mampu bersaing dengan rekan setim saya kala itu, Jorge Lorenzo, dan kami berdua mampu mengemas lebih dari 320 poin. Yamaha mengemas 650, jumlah yang menakjubkan," kata Rossi.

Baca Juga: Mengenal Pemain Paling Tajir dalam Piala Dunia Wanita 2019