Fenomena Pemecatan Pelatih, Teco Dukung Wacana Bentuk Asosiasi Pelatih

By Muhammad Robbani - Sabtu, 17 Agustus 2019 | 19:15 WIB
Oktafianus Fernando, Djadjang Nurdjaman, Stefano Cugurra, dan Shahar Ginanjar dalam jumpa pers, Sabtu (3/11/2018). (Media Persija Jakarta)

BOLASPORT.COM - Liga 1 2019 belum genar bergulir selama setengah musim, namun sudah ada sembilan pelatih klub yang dipecat.

Mereka adalah Djadjang Nurdjaman, Angel Alfredo Vera, Luciano Leandro, Jafri Sastra, Aji Santoso, Jacksen F. Tiago, Jan Saragih, Ivan Kolev, dan Syafrianto rusli.

Bisa ditebak, pemecetan mereka adalah hasil yang diraih klub tak sesuai dengan harapan yang dipasang manajemen pada awal musim.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra alias Teco memberikan pendapatnya soal nasib rekan-rekan sejawatnya.

Apalagi, Teco juga pernah hampir mengalami situasi serupa kala ditekan untuk keluar dari Persija Jakarta pada awal-awal Liga 1 2017.

Saat itu, banyak tagar dan teriakan 'Teco Out', imbas keterpurukan Persija pada awal musim.

HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET
Suporter Persija Jakarta membentangkan spanduk yang menyuarakan agar pelatih Stefano Cugurra Teco mundur, saat melawan Mitra Kukar pada partai lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot, Minggu (14/5/2017)

Teco berhasil keluar dari situasi tersebut dan membuktikan kritikan yang dialamatkan kepadanya adalah salah dengan mengantar Persija ke empat besar Liga 1 2017.

Semusim berselang, dia mengantar Persija menjadi juara Liga 1 dan kini kepergiannya ke Bali United ditangisi The Jakmania.