PV Sindhu Lebih Agresif Setelah Ditangani Pelatih asal Korea

By Delia Mustikasari - Selasa, 27 Agustus 2019 | 18:00 WIB
Nozomi Okuhara (kiri) memberi selamat kepada Pusarla V. Sindhu (kanan) saat semifinal Olimpiade Rio ( OLIMPIC.ORG )

BOLASPORT.COM - Pusarla Venkata Sindhu menorehkan sejarah baru dengan menjadi pebulu tangkis India pertama yang menjadi juara dunia.

Titel tersebut Pusarla Venkata Sindhu dapatkan setelah setelah menang atas Nozomi Okuhara (Jepang), 21-7, 21-7 pada laga final Kejuaraan Dunia di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Minggu (25/8/2019).

Di balik kesuksesan Pusarla Venkata Sindhu, ada sosok pelatih asal Korea Selatan, Kim Ji-hyun, yang memolesnya menjelang tampil pada turnamen grade 1 Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tersebut.

Kim yang merupakan mantan pebulu tangkis nasional Korea tersebut memiliki reputasi baik dalam karier kepelatihannya selama dua dekade.

Kim semula diminta pelatih kepala timnas bulu tangkis India, Pullela Gopichand, untuk melatih Sindhu dan Saina Nehwal agar latihan keduanya lebih berkualitas sejak Maret 2019.

Namun, belakangn Nehwal memilih menjalani latihan di bawah arahan sang suami, Parupalli Kashyap.

Kondisi tersebut membuat Kim fokus melatih Sindhu. Dengan jadwal pelatihan yang disiapkan oleh Gopichand, Kim diberikan kebebasan untuk melatih Sindhu.

Sindhu juga memercayai Kim. Dia menganggap Kim tidak hanya sebagai pelatih, tetapi juga sebagai motivator dan penasihat.

Baca Juga: PV Sindhu Diguyur Bonus Ratusan Juta Rupiah dari Asosiasi Bulu Tangkis India