Starting Grid F1 GP Singapura 2019 - Dihukum, Daniel Ricciardo Start Paling Belakang

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 22 September 2019 | 16:40 WIB
Pembalap tim Renault, Daniel Ricciardo tengah mencoba RS19 di Barcelona (16/2/2019) (twitter.com/RenaultF1Team)

BOLASPORT.COM - Pembalap Renault, Daniel Ricciardo, mendapat hukuman sehingga turun ke posisi paling belakang dalam starting grid Formula 1 GP Singapura 2019.

Petaka didapat Daniel Ricciardo menjelang berlangsungnya balapan Formula 1 (F1) GP Singapura 2019 di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay, Minggu (22/9/2019).

Hasil kualifikasi F1 GP Singapura 2019 yang diraih Daniel Ricciardo dibatalkan akibat melanggar peraturan soal batas aliran daya unit MGU-K.

MGU-K (Motor Generator Unit, Kinetic) adalah perangkat yang berfungsi mengubah energi gerak dari putaran ban belakang menjadi energi listrik untuk menambah daya mesin.

"Selama sesi kualifikasi 1, mobil nomor 3, dengan pembalap Daniel Ricciardo, melewati batas energi MGU-K sebesar 120 kW," bunyi pernyataan FIA.

Renault berusaha membela diri dengan menyebut Ricciardo tidak mendapat keuntungan dari kelebihan energi itu. Namun otoritas balap mobil dunia itu tidak menggubrisnya.

Lantaran hasil kualifikasinya dibatalkan, Ricciardo yang semula bakal start dari posisi kedelapan bakal turun ke urutan paling belakang dalam balapan F1 GP Singapura.

Posisi start kedelapan akan ditempati oleh rekan setim Ricciardo, Nico Hulkenberg. Sementara Lando Norris (McLaren) maju ke posisi kesembilan diikuti Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo).

Baca Juga: F1 GP Singapura 2019 - Charles Leclerc Heran Bisa Meraih Pole Position