SEA Games 2019 - Wushu Gagal Raih Emas, Menpora Tanggapi Keputusan Kontroversial Juri

By Agung Kurniawan - Minggu, 1 Desember 2019 | 16:30 WIB
Ilustrasi berita kontingen Indonesia di SEA Games 2019. (NDARU GUNTUR/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memberikan komentarnya setelah dewan juri memutuskan untuk memberikan pengurangan nilai kepada atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo.

Peluang meraih medali emas SEA Games 2019 kembali diraih oleh Indonesia dari cabang olahraga Wushu melalui nomor Taolu Changquan.

Bertanding di World Trade Center, Manila, Filipina, Edgar Xavier gagal mewujudkan kesempatan emas tersebut seusai keputusan kontroversial dari dewan juri.

Edgar Xavier Marvelo gagal meraih medali dari nomor Taolu Changquan karena keputusan pemotongan poin dari juri.

Baca Juga: Bigetron Makin Berpeluang Besar Jadi Juara Dunia PUBG Mobile

Juara dunia wushu 2019 itu bisa saja meraih medali jika tidak ada pemotongan poin dari juri sehingga ia harus finis dengan total 9,59 poin.

Juri memotong 0,1 poin yang membuat Edgar terlempar ke peringkat empat, sedangkan medali emas diraih atlet Singapura, Yong Yi Xiang yang mengumpulkan poin 9,70.

Sedangkan perak diraih Wong Weng Son dari Malaysia dengan 9,68 poin dan perunggu jatuh ke tangan atlet Vietnam Tran Xuan Hiep dengan raihan 9,60 poin.

Keputusan merugikan tersebut mengundang komentar dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, yang turut menyayangkan adanya keputusan itu.